BOR RS COVID-19 di Kulon Progo Capai 90%, Ruang ICU Penuh

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 19:41 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on
Ilustrasi kasus virus Corona atau COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)
Kulon Progo -

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit (RS) rujukan pasien COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hari ini menyentuh angka 90%. Untuk bed critical atau ICU kondisinya kini sudah penuh.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati, mengatakan saat ini total tempat tidur (TT) bagi pasien terkonfirmasi positif Corona di rumah sakit rujukan di Kulon Progo, yaitu RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang (NAS) Sentolo, sebanyak 54 bed. Ini terdiri dari 48 bed non-critical dan 6 bed critical. Bed critical sendiri hanya tersedia di RSUD Wates.

Adapun dari jumlah itu telah terisi 44 TT untuk bed non-critical. Rinciannya 22 TT di RSUD Wates dan 22 TT di NAS.

Khusus di RSUD Wates juga ada antrean IGD sejumlah 9 orang. Sedangkan seluruh TT bed critical di rumah sakit tersebut telah terisi semua.

"Dengan jumlah tersebut, maka BOR di Kulon Progo per hari ini terhitung pada pukul 12.00 WIB berada di angka 90%," kata Baning lewat keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (30/6/2021).

Baning mengingatkan data ini bisa berubah sewaktu-waktu. Sehingga ada kemungkinan BOR dapat turun atau justru sebaliknya. Adapun untuk mengantisipasi penuhnya TT isolasi di RS rujukan milik pemerintah, Dinas Kesehatan Kulon Progo bakal menggandeng RS swasta untuk memenuhi kebutuhan TT.

Namun dalam pelaksanaannya nanti, tidak semua pasien positif Corona dirawat di RS swasta. Dinkes telah menentukan kriteria khusus mana yang bisa dirawat di RS non-pemerintah tersebut. Salah satunya dilihat dari tingkat keparahan penyakit yang diderita pasien.

"Untuk kasus berat tetap harus di RS rujukan pemerintah, yaitu RSUD Wates. Sedang untuk kasus kategori sedang bisa dilayani NAS maupun RS Swasta. Ini kami berlakukan karena melihat peralatan medis yang tersedia lebih lengkap di RSUD Wates," ujarnya.

Tambah 205 Kasus Baru

Merujuk data Satgas COVID-19 Kulon Progo, per hari ini ada penambahan kasus baru sebanyak 205, terdiri dari 71 kasus positif berdasarkan hasil SWAB PCR dan 134 hasil positif SWAB Antigen. Adapun kasus baru ini tersebar di hampir seluruh kapanewon di Kulon Progo.

Pada hari ini juga dilaporkan 6 kasus meninggal dengan status probable 1 orang, dan 5 sisanya terkonfirmasi positif COVID-19. Sedangkan kasus yang dinyatakan selesai isolasi hari ini bertambah sebanyak 18 orang.

Masih dari sumber yang sama, akumulasi kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kulon Progo kini sebanyak 8.579. Rinciannya 172 masih isolasi di rumah sakit, 2.152 isolasi mandiri, 5.570 selesai isolasi, 537 sembuh dan 148 meninggal dunia.

(rih/mbr)