ADVERTISEMENT

Kasus Corona di Ponpes Nurul Iman Bantul Bertambah Jadi 141 Orang

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 20:45 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi virus Corona atau COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Bantul -

Santri pondok pesantren (ponpes) Nurul Iman, Kabupaten Bantul, DIY, yang positif virus Corona atau COVID-19 saat ini bertambah menjadi total 141 orang. Hal itu menyusul keluarnya hasil swab PCR yang menyatakan 86 santri positif Corona.

"Dari 100 santri yang diswab PCR Rabu pekan kemarin, hasilnya 86 santri positif COVID-19, sedangkan 14 santri negatif. Artinya saat ini jumlah santri yang terkonfirmasi positif sejumlah 141 santri," kata Dukuh Bibis, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Muhammad Irvan, saat dihubungi detikcom, Senin (28/6/2021).

Irvan melanjutkan, saat ini seluruh santri yang terkonfirmasi positif Corona itu tengah menjalani isolasi di kawasan ponpes tersebut. Menurutnya, sebagian dari santri itu kondisinya sudah membaik.

"Sudah agak baikan. Cuma tinggal beberapa santri yang batuk-batuk dan hilang indra rasa dan penciuman," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, kasus ini berawal dari diketahuinya 6 santri yang positif Corona pada Kamis (17/6).

Pengurus ponpes Nurul Iman, Nur Ali, menjelaskan awalnya ada 8 santri yang mengalami gejala seperti deman, lemas hingga batuk. Kemudian 8 santri menjalani pemeriksaan kesehatan di klinik, dan 6 santri di antaranya ternyata positif Corona.

"Saat itulah baru diketahui enam di antaranya terkonfirmasi positif COVID-19 hari Kamis (17/6). Enam orang itu terdiri dari tiga santri putra dan tiga santri putri," ujar pengurus ponpes Nurul Iman, Nur Ali, kepada wartawan, Jumat (18/6).

Namun, pada waktu bersamaan saat itu juga ada puluhan santri lainnya mengalami gejala yang sama dengan 6 orang tersebut.

Kemudian, jumlah santri yang positif Corona bertambah menjadi 55.

"Ada 49 (santri) yang positif (COVID-19) hari ini, itu hasil swab Senin (21/6/2021) kemarin," kata Dukuh Bibis, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Muhammad Irvan, saat dihubungi detikcom, Kamis (24/6).

Simak video 'Data Lengkap Sebaran 20.694 Kasus Baru Corona RI 28 Juni':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT