Sekampung di Semarang Lockdown Gegara Puluhan Warga Kena Corona

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 27 Jun 2021 13:06 WIB
RT di Kelurahan Tlogosari Wetan, Kota Semarang di-lockdown gegara Corona
RT di Kelurahan Tlogosari Wetan, Kota Semarang di-lockdown gegara Corona (Foto: Angling/detikcom)
Semarang -

Puluhan warga di RT 01/RW 01 Kelurahan Tlogosari Wetan, Kota Semarang, Jawa Tengah terkonfirmasi virus Corona atau COVID-19. Akibatnya RT tersebut di-lockdown karena warga melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Sejumlah gang yang masih satu wilayah RT 01 Kelurahan Tlogosari Wetan ini ditutup dan diberi tanda 'isoman'. Akses jalan di area ini juga ditutup untuk umum.

"Di wilayah RT 1/RW 1 Kelurahan Tlogosari Wetan ada 12 KK, 25 jiwa yang kena. Jadi adakan penutupan sewilayah RT 1. Meninggal satu orang kemarin," kata Ketua RW 01, Nugroho atau yang akrab disapa Lilik saat ditemui di lokasi, Minggu (27/6/2021).

Pihak RT juga menyebarkan surat edaran untuk warga dalam rangka membantu keluarga yang terpapar Corona. Edaran tersebut berisi ajakan iuran uang dan akan dibelikan sembako sesuai kebutuhan warga yang sedang isolasi mandiri.

"Jogo Tonggo berdasarkan surat edaran ketua RT, untuk setiap warga sukarela minimal Rp 20 ribu per 1 kejadian atau 1 KK. Mau lebih boleh," ujarnya.

Lilik menyebut penutupan jalan ini rencananya akan dilakukan selama 14 hari. Namun, jika masih ada temuan kasus, lockdown itu bisa diperpanjang.

"Dari pihak RW kami izin Babinsa dan kecamatan untuk tutup 1 RW, karena yang terpapar 58 jiwa sudah meninggal 2 orang," tegasnya.

RT di Kelurahan Tlogosari Wetan, Kota Semarang di-lockdown gegara CoronaSatu RT di Kelurahan Tlogosari Wetan, Kota Semarang di-lockdown gegara Corona Foto: Angling/detikcom

Sementara itu dari data https://siagacorona.semarangkota.go.id/ yang dilihat pukul 12.00 WIB di Kota Semarang ada 2.099 kasus aktif. Dari jumlah tersebut 1.531 orang merupakan warga Semarang dan 568 warga luar daerah yang dirawat di Semarang.

Untuk diketahui, lockdown mikro memang diarahkan dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah terkait penanganan COVID-19. Kota Semarang juga diketahui saat ini masuk kategori zona merah dengan kasus yang cukup banyak.

Simak video 'Ruang Pasien Penuh, RS Rujukan Covid-19 di Semarang Dirikan Tenda Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/ams)