Cerita Warga Klaten Temukan Arca Tanpa Kepala Saat Gali Septic Tank

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 18:58 WIB
Batu arca tanpa kepala yang ditemukan saat gali septik tank 2017 silam di Desa Taskombang, Klaten
Batu arca tanpa kepala yang ditemukan warga saat gali septic tank tahun 2017 silam di Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sebuah arca tanpa kepala ditemukan warga Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, saat menggali septic tank tiga tahun lalu. Arca tersebut diduga merupakan arca dewa Siwa.

"Nemunya sudah tiga tahun lalu, tahun 2017 tapi ketahuan itu arca Siwa baru dua minggu ini karena ada arkeolog ke sini," kata penemu arca, Bukhori, saat ditemui di lokasi, Rabu (23/6/2021).

Bukhori menyebut arca itu dia temukan saat menggali septic tank sedalam sekitar dua meter. Kala itu cangkulnya terantuk batu yang ternyata arca.

"Arca yang kena cangkul saya. Dalamnya tanah sekitar dua meter, dulu juga ada batu-batu," ucap Bukhori.

Terpisah, Ketua RT 3 Dusun Krajan, Desa Taskombang, Setyo, mengatakan arca itu ditemukan Bukhori saat menggali tanah untuk septic tank tetangga. Lokasi septic tank itu berada di pekarangan kosong.

"Lokasi penemuan di pekarangan tetangga. Sebab tetangga takut, diamankan kakak saya, Bukhori," kata Setyo kepada detikcom.

Setyo menyebut arca yang ditemukan itu berupa patung seperti orang duduk bersila. Namun bagian kepala hilang, dan sebagian tubuh arca itu sudah rusak.

"Sebagian sudah rusak jadi tidak jelas. Selain arca ada beberapa batu mirip batu candi dan konon di dekat mata air ada batu-batu lainnya," papar Setyo.

Sementara itu, BPCB Jawa Tengah mengaku belum bisa memastikan sosok arca tersebut. Sebab banyak kerusakan yang dialami arca tersebut.

"Ini secara ikonografinya kalau tidak arca Siwa ya mungkin Wisnu. Ya karena kurang jelas fotonya dan sebagian ada yang mengalami kerusakan," tutur Pamong Budaya Madya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Deni Wahyu Hidayat, hari ini.

Deni menyebut dari informasi yang dia terima arca tersebut tidak ditemukan kepalanya. Namun, dari foto yang dia terima, atribut arca tersebut tidak jelas.

"Atributnya juga kurang begitu jelas," lanjut Deni.

Pantauan di lokasi, arca tersebut memiliki tinggi sekitar 80 sentimeter dan dalam posisi bersila. Kedua lengan arca itu sudah rusak, tanpa kepala, dan ada dua tangannya tidak lengkap. Sementara itu, ada juga dua batu lain yang bertakik, salah satunya memiliki ornamen ukiran di bagian ujungnya.

(ams/rih)