Tokoh Seknas Jokowi Juli Eko Nugroho Dimakamkan Secara Prokes COVID

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 14:35 WIB
Pemakaman Juli Eko Nugroho di Purworejo
Pemakaman Juli Eko Nugroho di Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Jenazah tokoh Seknas Jokowi, Juli Eko Nugroho dimakamkan siang ini dengan protokol COVID-19. Almarhum yang meninggal karena terpapar virus Corona itu dimakamkan di pemakaman desa setempat di Purworejo, Jawa Tengah.

Juli Eko Nugroho meninggal di kampung halamannya di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo pada Senin (21/6/2021) pagi setelah menjalani isolasi mandiri selama 3 hari karena terpapar COVID-19. Selanjutnya, jenazah dimakamkan di pemakaman Sidompyong, desa setempat.

Sebelum dimakamkan, jenazah dibawa oleh petugas ke RS Tjokronegoro untuk disucikan. Setibanya di makam, jenazah yang sudah dimasukkan ke dalam peti kemudian disalatkan di depan pintu makam dan selanjutnya dimakamkan dengan protokol COVID-19 oleh petugas.

"Tadi dibawa ke rumah sakit dulu untuk disucikan oleh petugas, ini sekarang dimakamkan oleh petugas ber-APD lengkap," kata istri almarhum, Wuri saat ditemui detikcom di permakaman.

Wuri menambahkan, almarhum diduga terpapar virus Corona saat menggelar rapat koordinasi di Jakarta beberapa waktu lalu. Rencananya, pagi tadi almarhum akan dibawa ke salah satu rumah sakit di Semarang untuk dirawat lebih intensif, namun terlebih dulu Juli menghembuskan napas terakhirnya.

"Ya kena COVID, dugaannya tertular pas rapat di Jakarta. Pagi tadi padahal sudah rencana mau ke Semarang untuk berobat biar cepat sembuh, tapi ya Tuhan menghendaki lain," imbuhnya.

Juli meninggal di usia 53 tahun, meninggalkan satu orang istri dan satu orang anak.

(mbr/ams)