Viral Video Bupati Banjarnegara Siap Tanggung Jawab Warga Gelar Kegiatan

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 15:19 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kamis (10/6/2021).
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kamis (10/6/2021). Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara -

Video Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono viral di sejumlah grup WhatsApp. Dalam video, Budhi mengatakan supaya warga tidak perlu takut untuk menggelar kegiatan, asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Saya berpesan kepada masyarakat, pak bupati bertanggung jawab sepenuhnya untuk kegiatan pengajian, olahraga, kesenian, ebeg monggo jalan terus. Tetapi aja kelalen (jangan lupa) protokol kesehatan jangan sampai tidak dipakai," kata Budhi Sarwono dalam video tersebut.

Dalam video berdurasi 2.50 menit ini, Budhi juga meminta kepada warga dan kepala desa supaya melaporkan jika terdapat oknum yang menakuti terkait digelarnya kegiatan. Bahkan, ia juga meminta untuk mengambil foto oknum tersebut untuk dilaporkan kepada dirinya.

"Saya nyuwun (minta) kepada masyarakat, pak kades, bisa melaporkan kepada pak camat kalau ada oknum-oknum yang menakut-nakuti tolong difoto laporkan ke pak camat, mangke (nanti) dilaporkan ke pak bupati. Pak bupati akan menindak tegas. Aja wedi (jangan takut) yang penting prokes dipakai," kata dia masih dalam video tersebut.

Saat dikonfirmasi, Budhi Sarwono membenarkan dalam video tersebut adalah dirinya. Ia menuturkan, pidato dalam video tersebut mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 13 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

"Saya hanya menjalankan perintah pimpinan saya, Instruksi Menteri Dalam Negeri. Saya kepanjangan tangan presiden, saya membaca di sini, pada halaman 5 di huruf h. Di situ menjelaskan, kegiatan seni, sosial dan budaya yang dapat menimbulkan kerumunan, diizinkan dibuka maksimal 25 persen. Maka harus dijalankan, ini sebuah kebijakan, kearifan pemerintah," kata Budhi saat ditemui di rumah dinasnya, Sabtu (19/6/2021).

Simak juga 'Varian Delta Picu Lonjakan Kasus Corona di RI? Ini Kata Satgas':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)