Corona Menggila, BOR di RS Klaten Capai 80 Persen

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:32 WIB
Ada foto :

Dinas Kesehatan Jateng dan Boyolali mengecek kelengakapan RSU Islam Boyolali sebagai rumah sakit darurat COVID-19, Jumat (18/6/2021).
Ilustrasi. Foto: RSU Islam Boyolali yang disiapkan sebagai rumah sakit darurat COVID-19, Jumat (18/6/2021). (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Klaten -

Bed occupancy rate (BOR) atau ketersediaan tempat tidur pasien Corona di sejumlah rumah sakit (RS) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mulai penuh. Pemkab Klaten meminta rumah sakit di wilayahnya untuk segera menambah bed pasien Corona.

"Saat ini bed pasien COVID penuh karena pasien terus masuk sepekan terakhir. Totalnya 62 bed sudah terisi," kaya Kasubag Humas dan Pemasaran Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten, Agus Susanto, kepada detikcom, Jumat (18/6/2021).

"62 bed itu termasuk tambahan. Sebelumnya bangsal namiroh di awal digunakan untuk COVID, tapi setelah kasus menurun digunakan untuk umum dan kini digunakan COVID lagi," lanjutnya.

Sementara itu, Humas RS PKU Muhammadiyah Delanggu, Buya Al-Ghazali, menjelaskan saat ini bed pasien Corona terisi 41 dari 52 bed yang ada.

"Dari 52 bed yang ada sudah terisi 41 pasien dari data terakhir, atau sudah sekitar 78 terisi pasien," kata Buya kepada detikcom.

Menurut Buya, jumlah bed pasien Corona itu termasuk bed tambahan. Sebelumnya bed berjumlah 30.

"Itu 52 bed baru penambahan lagi. Sebelumnya dari 50 bed kita kurangi menjadi 30 saat pasien menurun, kemudian kemarin ditambah lagi jadi 52 bed setelah kasus tambahnya signifikan per harinya," ungkap Buya.

Saat dihubungi, Direktur Utama RSD Bagas Waras Kabupaten Klaten, Limawan Budi Wibowo mengungkapkan untuk bed pasien Corona di rumah sakit yang dia pimpin saat ini sebanyak 54 tempat tidur.

"Dirawat saat ini ada 19 pasien konfirmasi positif COVID dan 29 pasien suspek. Kapasitas tempat tidur COVID ada 54," kata Limawan saat dihubungi detikcom.

Limawan menyebut pihaknya telah menambah 10 bed pasien Corona. Sementara untuk ruang ICU pasien Corona saat ini terisi penuh.

"Ada tambahan 10 tempat tidur lagi. Kita mempunyai tiga tempat tidur ICU COVID yang sudah terisi semuanya, kita juga sudah punya ruang operasi khusus COVID," imbuhnya.

Terpisah, Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan saat ini bed occupancy rate (BOR) pasien Corona rumah sakit di Klaten rata-rata sudah 80 persen.

"BOR kita di angka 80 persen," kata Cahyono kepada detikcom.

Cahyono menyebut 12 rumah sakit di Klaten siap untuk menambah bed untuk pasien Corona. "Rencana penambahan ada dan kita sudah mengundang semua RS untuk berkoordinasi," ujarnya.

"Penambahan sekitar 100 bed, sekarang yang ada jumlahnya sekitar 300. Untuk kita waspada saja, ada 12 RS dan kemarin komitmennya bagus," imbuh Cahyono.

(rih/ams)