Mbludak! Ruang Isolasi Corona RSUD Demak Penuh-IGD Antre

Mochamad Saifudin - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 18:52 WIB
RSUD Sunan Kalijaga Demak, Minggu (13/6/2021).
RSUD Sunan Kalijaga Demak, Minggu (13/6/2021). (Foto: Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Ketersediaan ruang isolasi untuk pasien virus Corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sunan Kalijaga Demak, Jawa Tengah penuh. Yang tersisa hanya tinggal ruang untuk bayi.

"Sementara penuh semua (ruang isolasi pasien COVID-19 di RSUD Sunan Kalijaga), tinggal ruang bayi yang kosong," jelas Humas RSUD Sunan Kalijaga, Kusmanto kepada detikcom, Minggu (13/6/2021).

Kusmanto menjelaskan RSUD Sunan Kalijaga memiliki 125 ruangan isolasi COVID-19 yang kini terisi 114 pasien. Dirinya menambahkan kondisi ruang isolasi pasien COVID-19 di RSUD Sunan Kalijaga yang penuh tersebut sudah terjadi selama tiga minggu terakhir.

"Yang masih kosong ruang bayi. Penuh tiga mingguan (ruangan isolasi pasien COVID-19 di RSUD Demak)," sambung Kusmanto.

Dia mengungkap pihaknya terus melakukan koordinasi dengan rumah sakit sekitar dan Semarang guna menampung pasien COVID-19 dari Kabupaten Demak. Dirinya menyebut, pasien sembuh dan baru terus datang dan pergi secara bergantian. Tak hanya itu dia mengungkap ada antrean di Ruang Gawat Darurat (UGD) RSUD Sunan Kalijaga.

"Kita di sini fleksibel, tetap kita terima semua pasien, nanti kita koordinasi dengan pihak rumah sakit sekitar dan rumah sakit Semarang juga. Ini kan mungkin ada yang pulang sore ini, terus diganti, berputar terus, di UGD ini kan masih ada antrean," terangnya.

"Mbludak, nggak tahu ini varian terbaru ini, cepet banget," keluh Kusmanto.

Puluhan Nakes Masih Dirawat

Selain itu, dirinya menyebut, sejumlah tenaga kesehatan dan karyawan RSUD Sunan Kalijaga pun juga terpapar dan di antaranya masih menjalani rawat inap.

"Yang masih menjalani rawat inap ada 36 orang, nakes dan karyawan. Sebelumnya ada sekitar 100-an dan ada yang sudah sembuh," ujar Kusmanto yang juga tengah menjalani isolasi mandiri di rumah usai pulang dari rawat inap Rabu lalu.

"Benar-benar kita prioritaskan, kita sesuaikan seperti apa, untuk me-manage itu, supaya nanti pelayanan di rumah sakit tidak terjadi masalah," tegas Kusmanto.

Simak video 'Keterisian Ruang Isolasi-ICU Naik 100%, Menkes Minta IDI Bersiap':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)