Kunjungi Jateng, Jokowi Sempatkan Ziarah Makam Orang Tua di Karanganyar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 22:15 WIB
Makam orang tua Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah dikunjungi, Rabu (7/10/2020).
Makam orang tua Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Karanganyar, Rabu (7/10/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Karanganyar -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan pulang ke Solo usai melaksanakan kunjungan kerja di Semarang dan beberapa daerah di Jawa Tengah. Dia pulang untuk berziarah ke makam orang tuanya di Karanganyar.

Diketahui, Jokowi sempat mampir ke kediamannya, Sumber, Banjarsari, Solo. Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi makam orang tua di Dusun Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kadus Mundu, Samiyono. Menurutnya, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 18.00 WIB.

"Iya betul tadi beliau datang ke makam sekitar waktu magrib," kata Samiyono saat dihubungi wartawan, Jumat (11/6/2021).

Samiyono mengatakan memang hari sebelumnya dia sudah mendengar rencana Presiden Jokowi berziarah hari ini. Petugas pun langsung bersih-bersih di lokasi pemakaman.

"Kemarin diberitahu, malamnya dilakukan persiapan," ujar dia.

Jokowi datang ke makam seorang diri. Menurut Samiyono, Ibu Negara Iriana Jokowi dan anak-anak Jokowi tidak terlihat ikut berziarah.

"Beliau sendirian, tidak didampingi. Isya sudah selesai," katanya.

Terpisah, Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Deddy Suryadi, mengatakan Presiden Jokowi hanya datang untuk berziarah. Kini Presiden Jokowi telah kembali ke Jakarta.

"Betul, tadi hanya sebentar. Langsung kembali ke Jakarta," kata Deddy saat dihubungi detikcom malam ini.

Untuk diketahui, Jokowi terakhir berziarah ke makam orang tuanya pada Februari lalu. Saat itu Jokowi juga mampir selepas melakukan kunjungan kerja di Pacitan, Jawa Timur.

Sementara pada saat menjelang Ramadhan, Jokowi tidak pulang kampung untuk melaksanakan tradisi sadranan. Apalagi saat Idul Fitri diterapkan pelarangan mudik, sehingga Jokowi juga belum sempat pulang kampung.

(rih/sip)