Warga Ramai-ramai ke Bandara Soedirman Demi Ketemu Jokowi, Tapi...

Vandi Romadhon - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 11:59 WIB
Purbalingga -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan negara ke Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah hari ini. Mengetahui rencana kedatangan Jokowi, warga Purbalingga ramai-ramai mendatangi kawasan bandara dengan harapan bisa bertemu dengan presiden.

"Saya datang gasik (awal) tadi bersama keluarga ingin melihat Pak Jokowi," ujar salah seorang warga Desa Bancar, Kusmiyati kepada detikcom di kompleks Bandara JBS, Jumat (11/6/2021).

Meski jarak dari rumah ke Bandara Jenderal Besar Soedirman cukup jauh, dia bersama keluarga sudah berencana datang sejak kemarin. Mereka datang berboncengan naik sepeda motor.

"Ya jauh, Mas. Sudah niat dari semalam saya tadi naik sepeda motor boncengan sama anak-anak, harapannya bisa melihat presiden," lanjut dia.

Namun Kusmiyati dan keluarganya harus menelan kecewa karena ada pembatasan oleh aparat sehingga dia tak bisa mendekat ke area bandara. Terlebih, lanjut dia, ternyata Jokowi tak keluar dari area bandara.

"Kita tidak boleh mendekat Pak Jokowi juga langsung terbang lagi nggak keluar bandara," kata Kusmiyati.

Padahal Kusmiyati dan warga lainnya sampai menerobos area persawahan untuk bisa lebih dekat dengan area bandara.

"Bareng-bareng yang lain saya tadi melipir lewat sawah, kalau lewat jalan biasa itu kan dihadang sama petugas jadi ya lewat situ," pungkasnya.

Menurut jadwal, usai dari Bandara Jenderal Besar Soedirman, Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Semarang. Seperti telah diberitakan sebelumnya, Bandara JBS sudah mulai beroperasi untuk penerbangan komersial mulai Rabu (3/6/2021). Saat itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hadir untuk menandai dimulainya penerbangan komersial perdana.

Bandara tersebut mulai dibuka untuk penerbangan pada Senin (1/6/2021). Bandara yang berada di kompleks Lanud TNI AU Jenderal Besar Soedirman itu melayani penerbangan Purbalingga-Jakarta (PP) dan Purbalingga-Surabaya (PP), dengan menggunakan maspakai Citilink. Jadwal penerbangan dua kali seminggu, masing-masing hari Kamis dan Sabtu.

(sip/mbr)