Pasien Corona Asal Kudus di Donohudan yang Dirujuk ke RS Bertambah

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 15:06 WIB
Mobil ambulans RST Slamet Riyadi Solo masuk ke Asrama haji Donohudan, Boyolali, Rabu (9/6/2021).
Mobil ambulans RST Slamet Riyadi Solo masuk ke Asrama haji Donohudan, Boyolali, Rabu (9/6/2021). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Jumlah pasien positif Corona dari Kudus di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang dirujuk ke rumah sakit bertambah. Hingga siang ini total ada 12 orang yang dirujuk untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

"Pasien dari Kudus yang dirujuk sampai saat ini ada 12 orang," kata penanggung jawab Isolasi OTG (orang tanpa gejala) wilayah Solo Raya, dr Sigit Armunanto, kepada para wartawan di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Rabu (9/6/2021).

Salah seorang pasien yang dirujuk yakni ibu hamil. Selain itu ada juga pasien juga memiliki keluhan hipertensi, diabetes melitus dan kondisinya lemah.

"Seharusnya yang OTG di sini (Asrama Haji Donohudan), tapi ternyata banyak yang datang, mungkin kelelahan, jauh, mungkin ada hal-hal tertentu yang terabaikan sehingga sampai di sini dia dengan keluhan. Ada yang hipertensi, DM, kondisi lemah, bahkan ada yang hamil. Maka kita rujuk ke RSJD Solo maupun rumah sakit tentara (Solo)," jelasnya.

Menurut Sigit, jumlah pasien Corona di Asrama Haji Donohudan yang menjadi tempat isolasi terpusat pasien Corona Pemprov Jateng ini kini mencapai 482 orang. Jumlah tersebut terdiri dari pasien asal Solo Raya sekitar 190 orang dan asal Kudus sejumlah 302 orang.

Diberitakan sebelumnya, hingga hari ini tercatat sebanyak 304 warga positif virus Corona asal Kudus, Jawa Tengah yang sempat menjalani isolasi mandiri telah dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

"Total 304 orang sudah kita berangkatkan," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mas'ut, kepada wartawan usai memberangkatkan warga yang isolasi dari Rusunawa Kudus, Selasa (8/6).

Mas'ut mengatakan hari ini merupakan hari ketiga pemberangkatan warga yang tadinya menjalani isolasi mandiri. Sore kemarin ada 88 orang yang diberangkatkan dari Kudus menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Dia menargetkan akan banyak warga positif Corona yang dikirim ke Boyolali. Terlebih saat ini tercatat ada 1.211 orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri.

(sip/ams)