Megawati Didorong Nyapres Lagi, PDIP DIY: Ikut Keputusan Kongres!

Heri Susanto - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 16:16 WIB
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) sekaligus perayaan HUT ke-47 PDIP ditutup dengan malam kebudayaan, Minggu (12/1/2020) malam.
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Rifkianto Nugroho)
Yogyakarta -

Megawati Soekarnoputri kembali didorong untuk maju di Pilpres 2024. Menanggapi hal itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DIY menyatakan tak mau lancang mendahului keputusan Ketua Umum.

"Sesuai (keputusan) kongres, masalah pencapresan diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum," kata Nuryadi saat dihubungi detikcom, Senin (7/6/2021).

Nuryadi menegaskan, PDIP DIY menolak kemajon atau mendahului mengeluarkan sikap sebelum Megawati membuat keputusan.

"Setelah ada keputusan kongres (menyerahkan keputusan Capres) kepada Bu Mega, kami dalam posisi pasif," jelasnya.

Sampai saat ini, kata Nuryadi, di PDIP DIY tak terdengar kasak-kusuk pencapresan. Baik itu nama Ganjar Pranowo, Puan Maharani, bahkan dengan adanya dorongan Megawati kembali maju nyapres di Pilpres 2024.

"Tidak ada (kasak kusuk pencapresan), karena itu sudah menjadi keputusan kongres. Siapa tidak mau, silakan keluar partai," tegasnya.

Seperti telah diberitakan, setelah nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani muncul soal Capres 2024, terbaru ada nama sang Ketua Umum Megawti Soekarnoputri.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dinilai memiliki peluang besar untuk maju dalam Pilpres 2024. Megawati didorong maju menjadi capres.

"PDI Perjuangan memiliki 128 kursi di DPR RI, sedangkan syarat untuk tiket Pilpres atau presidential threshold adalah 115 kursi (20% dari jumlah kursi di DPR RI). Artinya, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang sudah siap tiket di Pilpres," ujar Direktur Pro Mega Center Mochtar Mohammad dalam keterangan tertulis, Senin (7/6).

Mochtar mengatakan Megawati merupakan pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan PDIP di Pilpres 2024 berdasarkan hasil Kongres V di Bali tahun 2019. Mochtar menilai terdapat beberapa alasan kuat Megawati berpeluang maju di Pilpres 2024.

Selain itu, Mochtar menilai Megawati merupakan figur sentral PDIP. Megawati juga dinilai berpengalaman dalam menjadi presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi pada 1998.

(mbr/ams)