Geger Pembongkaran Peti Jenazah Pasien Corona Brebes, 2 Pelaku Positif COVID

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 15:48 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
Ilustrasi pasien. (Foto: iStock)
Brebes -

Kasus sejumlah warga membongkar peti dan memandikan jenazah pasien virus Corona membuat geger warga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (13/5) lalu. Informasi terkini yakni dua orang dari total delapan pelaku dinyatakan positif Corona.

"Dua orang pelaku pembongkaran peti mati jenazah COVID-19 dinyatakan positif, setelah hasil test PCR keluar kemarin," ujar Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto, saat dihubungi wartawan, Minggu (3/5/2021).

Selain itu, Eko mengungkap ada tambahan seorang pelaku dalam kasus ini. Sehingga, kata Eko, ada sembilan orang pelaku pembongkaran peti jenazah Corona yang terjadi di wilayahnya itu.

Dia juga menyebut sembilan orang tersebut menjalani tes Corona secara bertahap. Pertama, empat orang pelaku menjalani rapid test dengan hasil satu orang reaktif.

Dari hasil rapid ini, berikutnya, diagendakan pemeriksaan PCR swab terhadap warga yang reaktif itu dan 5 orang pelaku sisanya.

Namun, sambung Eko, yang bisa diambil swab hanya empat orang. Dua orang pelaku disebutnya sudah kembali merantau ke Jakarta.

"Targetnya enam, satu orang yang reaktif rapid, dan lima pelaku lain yang belum diperiksa. Tapi dari lima itu, dua sudah kembali ke perantauan, jadi hanya 4 yang diambil swab-nya. Sampel itu kemudian dikirim ke Labkesda Jateng. Hasilnya sudah keluar, dua positif Corona," urai dia.

Dua orang yang positif Corona ini, sekarang sedang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan petugas PPKM Mikro desa setempat.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga di Desa Bangbayang, Brebes membongkar paksa peti jenazah Aisyah (50) yang merupakan pasien Corona pada Kamis (13/5). Tak hanya itu, para pelaku juga memandikan dan menguburkan jenazah tersebut.

Tonton juga Video: Mobil Boks Tabrak Ambulans di Jaksel, Jenazah Keluar dari Peti

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)