2 ABG Penaruh Meja di Jalan Bikin Celaka Pemotor Terancam 9 Tahun Bui

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 17:18 WIB
Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Boyolali, Iptu Wikan Sri Kadiyono, Jumat (28/5/2021).
Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Boyolali, Iptu Wikan Sri Kadiyono, Jumat (28/5/2021). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Polres Boyolali tidak melakukan penahanan terhadap dua remaja tersangka penaruh meja di tengah jalan raya yang mencelakakan seorang pemotor. Namun demikian, proses hukum tetap berjalan.

"Untuk kedua pelaku statusnya masih pelajar dan di bawah umur, sehingga tidak kita lakukan penahanan," ujar Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Boyolali, Iptu Wikan Sri Kadiyono, di kantornya, Jumat (28/5/2021).

Diketahui, Polres Boyolali berhasil mengungkap kasus pemasangan meja di tengah jalan Dibal-Nogosari, Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Akibat kejadian ini seorang pemotor mengalami kecelakaan setelah menabrak meja. Video kejadian itu pun viral di media sosial.

Dua orang ditangkap dan ternyata masih di bawah umur. Kedua pelaku yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka itu masing-masing berinisial DEP (17) warga Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali dan PAK (16) warga Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Mereka ditangkap Tim Sapu Jagad Satreskrim Polres Boyolali bersama Polsek Ngemplak di rumahnya masing-masing pada Selasa (27/5).

Menurut Wikan, kedua tersangka dijerat Pasal 192 KUHP, yaitu barang siapa dengan sengaja menghancurkan, merusak atau membuat tak dapat dipakai bangunan untuk lalu lintas umum, atau merintangi jalan umum darat/air, atau menggagalkan usaha untuk pengamanan bangunan/jalan.

"Untuk pasal yang kita terapkan Pasal 192 KUHP, ancaman hukumannya maksimal 9 tahun penjara," jelas dia.

Motif dua remaja adalah nge-prank temannya

Kepada petugas, lanjut dia, kedua tersangka mengaku perbuatannya menaruh meja di tengah jalan motifnya untuk nge-prank atau menjahili temannya yang masih di belakang. Tetapi, perbuatan tersebut justru mencelakakan orang lain, yaitu Rico Surya Putra Susila (20) warga Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Dia jatuh dan terpental sekitar 10 meter setelah menabrak meja yang sengaja dipasang oleh kedua tersangka.

"Motif kedua pelaku sebenarnya dia mau nge-prank atau menjahili teman-temannya yang masih di belakang. Tetapi perbuatan mereka justru mengenai orang lain dan mengakibatkan kecelakaan," terang Wikan.

Akibat kejadian itu korban mengalami luka ringan, yaitu lecet pada sikut tangan kiri dan pergelangan kaki kanan. Sedangkan sepeda motornya rusak pada bodi depan sebelah kiri pecah dan lampu depan pecah. Sedangkan meja kayu yang ditabrak itu pun patah pada kakinya. Kejadiannya pada Selasa (18/5) lalu sekitar pukul 02.00 WIB.

Simak video 'Viral Aksi Biadab Taruh Meja di Tengah Jalan Bikin Pemotor Celaka':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)