ADVERTISEMENT

Melihat Super Blood Moon dari Kompleks Masjid Agung Demak

Mochamad Saifudin - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 20:23 WIB
Pengamatan gerhana bulan total (GBT) atau super blood moon digelar di kompleks Masjid Agung Demak (MAD), Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021).
Pengamatan gerhana bulan total (GBT) atau super blood moon digelar di kompleks Masjid Agung Demak (MAD), Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021). Foto: Mochamad Saifudin/detikcom
Demak -

Pengamatan gerhana bulan total (GBT) atau super blood moon digelar di kompleks Masjid Agung Demak (MAD), Jawa Tengah. Setelah melaksanakan salat Magrib, jemaah kemudian melaksanakan salat gerhana di masjid peninggalan para wali tersebut.

Pengamatan dilakukan oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Demak. Sekretaris LFNU Demak, Ahmad Musyafa', mengatakan pihaknya mulai bisa melihat gerhana bulan total ini pada pukul 17.59 WIB.

"Tadi awal kita melihat pukul 17.59 WIB kita sudah bisa melihat. Dan pada puncaknya total yaitu pukul 18.18 WIB," ujar Musyafa' di halaman Masjid Agung Demak, Rabu (26/5/2021).

Pengamatan gerhana bulan total (GBT) atau super blood moon digelar di kompleks Masjid Agung Demak (MAD), Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021).Pengamatan gerhana bulan total (GBT) atau super blood moon digelar di kompleks Masjid Agung Demak (MAD), Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021). Foto: Mochamad Saifudin/detikcom

"Dan akhir daripada gerhana bulan total ini terjadi pukul 19.52 WIB," imbuhnya.

Pihaknya menjelaskan perhitungan yang ia gunakan merupakan rujukan kitab hisab. Data dari kitab tersebut kemudian dilakukan perhitungan.

"Metode penghitungannya, yaitu kita sudah punya data data yang sudah tertulis dalam kitab hisab, lalu kita padukan dengan kalkulator atau bisa lewat software, itu akan bisa menghasilkan angka yang akurat, nanti jamnya, jam berapa akan terlihat, akhirnya akan terlihat, dan semuanya akan bisa terbaca," jelas Musyafa'.

(rih/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT