Hilang 2 Hari, Pria Banjarnegara Ini Ditemukan Tewas dalam Sumur

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 17:02 WIB
Hilang 2 hari, pria ini ditemukan tewas di dalam sumur, Banjarnegara, Minggu (23/5/2021).
Hilang 2 hari, pria ini ditemukan tewas di dalam sumur, Banjarnegara, Minggu (23/5/2021). (Foto: dok BPBD Banjarnegara)
Banjarnegara -

Seorang pria bernama Wahyu (27) ditemukan tewas dalam sumur di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah hari ini. Korban diketahui hilang sejak Jumat (21/5) lalu.

"Berdasarkan keterangan pihak keluarga, korban sudah meninggalkan rumah pada hari Jumat lalu. Setelah itu, dicari belum ketemu," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andry Sulistyo saat dihubungi detikcom, Minggu (23/5/2021).

Hingga pada Minggu (23/5) siang, korban yang merupakan warga Desa Tribuana Kecamatan Punggelan, Banjarnegara, itu dicurigai berada di dalam sumur warga yang berada di sekitar rumahnya. Sehingga, warga melaporkan ke pemerintah desa untuk memastikan keberadaannya.

"Jadi awalnya ibunya korban curiga karena ada tanaman di sekitar sumur berubah, seperti habis dilewati orang. Kemudian untuk memastikan, pihak keluarga melaporkan ke pemerintah desa. Setelah dicek ternyata benar korban berada di bawah sumur. Kemudian melaporkan ke BPBD untuk proses evakuasi," terangnya.

Hilang 2 hari, pria ini ditemukan tewas di dalam sumur, Banjarnegara, Minggu (23/5/2021).Hilang 2 hari, pria ini ditemukan tewas di dalam sumur, Banjarnegara, Minggu (23/5/2021). (Foto: dok BPBD Banjarnegara)

Proses evakuasi menggunakan vertical rescue. Sekitar pukul 12.30 WIB, jasad korban berhasil dievakuasi lalu diiidentifikasi oleh inafis dan Puskesmas Punggelan.

"Kemudian diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan," kata dia.

Andri menjelaskan, berdasarkan keterangan keluarga dan warga korban merupakan orang dengan gangguan jiwa (odgj). Diduga korban masuk sumur dengan kedalaman mencapai 15 meter saat hendak mencuci motor.

"Korban merupakan ODGJ. Dan berdasarkan informasi yang dihimpun, kemungkinan masuk sumur saat hendak mencuci motor di dekat sumur," tuturnya.

(sip/sip)