Sehari Usai Larangan Mudik, 7 Ribuan Penumpang Padati Bandara Yogya

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 16:33 WIB
Suasana Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo sehari usai larangan mudik, Selasa (18/5/2021)
Suasana Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo sehari usai larangan mudik. (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo -

Sehari usai berakhirnya larangan mudik 2021 sekitar 7 ribuan penumpang memadati Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mayoritas penumpang terbang dari Bandara Soekarno-Hata, Cengkareng.

"Memang sejak tadi pagi kita dipadati penumpang baik datang maupun berangkat. Dari jumlahnya saya sudah monitor sejak pagi rencananya hari ini untuk kedatangan sebanyak 3.490, kemudian keberangkatan ada 3.600-an. Artinya ada pergerakan penumpang sekitar 7.000 untuk hari ini," kata Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, saat ditemui wartawan di YIA, Kulon Progo, Selasa (18/5/2021).

Pandu menyebut ribuan penumpang itu dilayani 60 penerbangan dari berbagai rute. Paling banyak penumpang mengambil rute dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta.

"Dominasi rute justru ada ke Jakarta atau Cengkareng, di mana Cengkareng sendiri ada sekitar 30 pergerakan pesawat. Kemudian lainnya bervariasi, ada yang Ujung Pandang, Balikpapan, Samarinda, Pekan Baru, Batam, Palangkaraya, Bali, hingga Medan," ujarnya.

Pandu menyebut jumlah penumpang hari ini naik signifikan dibandingkan saat masa larangan mudik Lebaran lalu. Di mana saat larangan mudik berlaku hanya ada 2 penerbangan dalam satu hari.

"Sebelum peniadaan saya kira ada lonjakan sedikit sekitar 20 persen," ucapnya.

Pandu memprediksi jumlah penumpang di YIA akan stabil di angka 6.000 setidaknya sampai 24 Mei mendatang. Pihaknya pun mengaku sudah melakukan antisipasi untuk memperketat protokol kesehatan di kawasan bandara, dan memastikan calon penumpang telah mengantongi syarat perjalanan yakni surat bebas COVID-19 dengan masa berlaku 1x24 jam.

Suasana Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo sehari usai larangan mudik, Selasa (18/5/2021)Suasana Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo sehari usai larangan mudik, Selasa (18/5/2021). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)

Di lokasi yang sama, salah seorang calon penumpang Nucita Yolanda (23) asal Lampung mengaku memilih moda transportasi pesawat agar lebih cepat sampai tujuan. Nucita mengaku telah transit ke Bandara Soekarno-Hatta sebelum akhirnya bertolak ke YIA.

"Karena memang saya ada urusan di Yogya, kebetulan saya kuliah dan kerja di sini, jadi memang harus segera sampai sini," kata Nucita.

Nucita mengaku tak menemui kendala dalam mengurus perjalanan pesawat. Ia telah membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Sebelum berangkat Nucita juga telah mengantongi dokumen negatif COVID-19 berupa hasil tes GeNose sebagai syarat perjalanan di masa pandemi Corona.

"Kendala tidak ada sih, tadi untuk dari Lampung ke Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) cukup ramai sih, sedangkan dari Jakarta ke Yogya nggak begitu ramai, dan di sini (YIA) sepi," ucapnya.

Untuk diketahui, pada masa larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei, YIA memangkas jam operasional selama satu jam. Ketika itu bandara ini hanya beroperasi mulai pukul 07.00-12.00 WIB, namun sejak hari ini jam operasi kembali normal yaitu pukul 07.00-19.00 WIB.

(ams/sip)