Klaster Corona di Sumber Solo Bertambah, Diduga dari Buka Bersama

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 14:38 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on
Ilustrasi kasus virus Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)
Solo -

Jumlah warga positif virus Corona atau COVID-19 di klaster kampung RT 06 RW 07, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, bertambah. Dari 20 orang yang terpapar, kini ada 25 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan kasus berawal dari temuan 7 orang sekeluarga yang positif COVID-19. Diduga penularan bermula dari acara buka bersama.

"Pertama dari tujuh orang sekeluarga. Diduga ada yang ikut buka bersama," kata Ahyani saat dijumpai di Balai Kota Solo, Senin (17/5/2021).

Kondisi kampung yang padat penduduk juga diduga menyebabkan penularan semakin jauh. Sebab di kampung tersebut menggunakan fasilitas MCK komunal.

"Warga pakai MCK komunal, mereka sangat akrab, sehingga seperti keluarga, mungkin abai protokol kesehatan sehingga menyebabkan penularan," ujar dia.

Dari 25 orang tersebut, 4 orang di antaranya dirawat di rumah sakit. Sisanya menjalani karantina di Asrama Haji Donohudan dan isolasi mandiri di rumah.

"Satgas Jogo Tonggo masih berjaga di sana. Logistik kita pastikan aman," ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan kasus tersebut sudah ditangani petugas. Dia pun mengaku sudah mewanti-wanti agar melakukan kegiatan buka bersama di rumah masing-masing.

"Makanya saya bilang hindari dulu namanya buka bersama. Itu kan gara-gara buka bersama. Tapi sudah kita tangani semua," tutupnya.

(rih/mbr)