Perahu yang Terbalik di Waduk Kedungombo Dinakhodai Anak Bawah Umur

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 16:26 WIB
Perahu pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, diberi garis polisi, Minggu (16/5/2021).
Perahu pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, diberi garis polisi, Minggu (16/5/2021). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali -

Perahu yang mengangkut 20 orang wisatawan terbalik di Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali. Nakhoda perahu nahas itu ternyata anak di bawah umur.

"Perahu itu dinakhodai umur 13 tahun," kata Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond di lokasi kejadian, Minggu (16/5/2021).

Morry menyatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pengumpulan bahan dan keterangan dengan memeriksa sejumlah saksi dalam peristiwa kecelakaan air di Waduk Kedungombo yang berada di Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, itu. Antara lain, pemilik perahu, nakhoda perahu dan pemilik warung apung.

"Kita belum masuk ke ranah penyidikan, masih mengumpulkan bahan keterangan. Dari Satreskrim Polres Boyolali dan Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) juga sudah turun," ujar Morry.

"Pemeriksaan masih sebatas saksi. Belum ada penetapan tersangka," lanjutnya.

Menurut dia, diduga ada dua pelanggaran dalam peristiwa perahu terbalik tersebut. Pertama, pelanggaran protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19, yaitu 50 persen dari kapasitas. Perahu yang memiliki kapasitas maksimal 14 orang, diisi 20 orang.

Kedua, lanjut dia, pelanggaran protokol keselamatan. Perahu tidak dinakhodai oleh orang yang memiliki kompetensi dan juga tidak ada standar keselamatan yaitu tidak ada jaket pelampung.

Diberitakan sebelumnya, sebuah perahu wisata bermuatan 20 orang terbalik di Waduk Kedungombo, Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Sabtu (15/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Sebanyak 11 orang berhasil diselamatkan dan sembilan orang tenggelam.

Perahu itu terbalik saat mengantarkan para penumpang menuju warung apung di tengah waduk. Ketika hendak sampai warung apung, banyak penumpang yang maju untuk foto selfie. Akibatnya perahu menjorok maju dan air mulai masuk. Perahu pun hilang keseimbangan dan akhirnya terbalik.

Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian telah menemukan tujuh korban yang semuanya dalam kondisi tewas. Hingga Minggu (16/5) siang ada dua korban yang masih dalam pencarian.

Simak video 'Perahu Terbalik di Kedungombo Gegara Selfie, 6 Orang Tewas-3 Hilang':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)