Pemobil Tabrak Polisi-Terobos Penyekatan, Ini Pesan Kabaharkam untuk Personel

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 10:56 WIB
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto saat meninjau penyekatan di Pos Prambanan, Sleman, Senin (10/5/2021).
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto saat meninjau penyekatan di Pos Prambanan, Sleman, Senin (10/5/2021). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Seorang pemobil yang masih berusia remaja menabrak polisi dan menerobos pos penyekatan mudik di perbatasan DIY-Klaten. Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto meminta seluruh personel meningkatkan kewaspadaan.

"Seluruh aturan, ketentuan cara bertindak sudah diatur sebetulnya dengan SOP (standar operasional prosedur) tetapi harus disesuaikan dengan situasi yang dialami," kata Komjen Arief saat meninjau pos penyekatan di Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (10/5/2021).

Arief menerangkan insiden penerobosan di pos penyekatan mudik merupakan peristiwa yang seharusnya sudah bisa diprediksi sebelumnya. Ia pun mengingatkan kepada seluruh personel yang bertugas agar lebih waspada.

"Ini kan sesuatu yang harusnya sudah diduga akan terjadi penerobosan dan lain sebagainya," ucapnya.

"Oleh karena itu kewaspadaan seluruh personel di dalam mengantisipasi kejadian-kejadian serupa yang semacam ini harus tetap ditingkatkan," sambungnya.

Bukan hanya itu, Arief turut mengingatkan masyarakat agar tetap patuh aturan. Yakni tidak perlu mudik pada momen Idul Fitri tahun ini.

"Dan kepada warga masyarakat siapapun dia tetap patuhi aturan yang ditetapkan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, video satu unit mobil berwarna kuning menerobos pos penyekatan mudik 2021 di Klaten viral di media sosial. Tak hanya menerobos, mobil juga menabrak polisi yang hendak memeriksanya.

Video itu salah satunya diunggah akun Instagram @merapi_uncover pada Minggu (9/5) sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam video berdurasi sekitar 29 detik itu, tampak satu unit mobil warna kuning disetop petugas untuk diperiksa.

Mobil itu awalnya terlihat mengikuti arahan petugas agar menepi. Namun saat akan diperiksa, tiba-tiba mobil itu justru tancap gas. Tampak seorang polisi tertabrak mobil tersebut. Dicantumkan lokasi video itu di Candi Prambanan.

Saat dimintai konfirmasi, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan peristiwa dalam video yang viral itu. Menurutnya, kejadian terjadi di pos penyekatan larangan mudik 2021 di Prambanan, Sabtu (8/5).

Pengemudi mobil tersebut akhirnya ditangkap pada 30 menit setelah kejadian. Sopir mobil itu ternyata masih anak di bawah umur yang belum memiliki SIM. Sedangkan seorang personel polisi yang terserempet mobil itu tidak mengalami luka serius.

Simak Video: Pengendara Tabrak Petugas Penyekatan di Klaten

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)