Pasar di Kudus Padat Pembeli Jelang Lebaran, Ada yang Abai Prokes

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 16:01 WIB
Suasana Pasar Kliwon, Kudus ramai jelang Idul Fitri 2021
Suasana Pasar Kliwon, Kudus ramai jelang Idul Fitri 2021 (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Menjelang Idul Fitri 2021 pusat grosir di Pantura Pasar Kliwon Kudus, Jawa Tengah mulai dipadati pengunjung. Sayangnya, sejumlah pengunjung ada yang tidak mengenakan masker hingga tak menjaga jarak.

Pantauan di lokasi, sekitar pukul 14.00 WIB tadi, pengunjung mulai memadati Pasar Kliwon, Kudus. Kios paling ramai dipadati pembeli yakni bagian pakaian maupun makanan. Namun, masih ada saja pengunjung maupun pedagang yang tidak memakai masker.

Bupati Kudus HM Hartopo bersama Forkompinda yang melakukan inspeksi mendadak (sidak), lalu mengingatkan pengunjung maupun pedagang agar tidak abai protokol kesehatan.

"Kita ke sini (Pasar Kliwon) ini mengecek masalah prokes dan masalah harga kebutuhan pokok. Semua belum ada yang naik, tapi kelihatannya besok ada yang naik tapi tidak signifikan ya ada," kata Bupati Kudus HM Hartopo saat ditemui usai sidak di lokasi, Kamis (6/5/2021).

Dari hasil pengecekan di Pasar Bitingan dan Pasar Kliwon, kata Hartopo, masih ditemukan sejumlah pedagang dan pembeli ada yang tidak mengenakan masker. Pihaknya lalu memberikan sosialisasi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Semua tertib prokes, cuman tadi ada yang berkerumun terus kita urai jangan berkerumun. Kalau ada yang tidak pakai masker, saya bawa masker. Ya ini sifatnya pembinaan saja sambil sosialisasi. Kalau yang tidak pakai saya kasih masker," ungkapnya.

Suasana Pasar Kliwon, Kudus ramai jelang Idul Fitri 2021Suasana Pasar Kliwon, Kudus ramai jelang Idul Fitri 2021 Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Hartopo memastikan pihaknya tidak segan menutup operasional mal hingga pasar yang abai protokol kesehatan. Rencananya besok, pihaknya akan mengecek kondisi mal yang ada di Kudus.

"Pasti, kita kasih peringatan. Kalau besok seperti itu lagi ya kita akan tutup. Tentu harus seperti itu, maka kita ke sini kita melihat kondisi di pasar seperti apa, prokesnya seperti apa. Tadi di Pasar Bitingan dan Kliwon saja," jelasnya.

"Pasar Modern harus tertata dengan baik. Pengunjungnya beda dengan pasar tradisional. Besok kita ke mal yang ada di Kudus," pungkas Hartopo.

(ams/mbr)