Penyekatan di Pos Ketapang Blora, Seorang Pemudik Positif Tes Antigen

Febrian Chandra - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 15:45 WIB
Petugas dari Polres Blora melakukan penyekatan di Pos Ketapang Cepu, Blora, Kamis (6/5/2021).
Petugas dari Polres Blora melakukan penyekatan di Pos Ketapang Cepu, Blora, Kamis (6/5/2021). Foto: Febrian Chandra/detikcom
Blora -

Penyekatan hari pertama larangan mudik 2021, petugas di Pos Ketapang, Cepu, Blora, (perbatasan Blora, Jawa Tengah dan Bojonegoro, Jawa Timur) menemukan seorang pemudik positif tes antigen virus Corona atau COVID-19. Pemudik itu berasal dari Jawa Timur.

"Saat diperiksa tim medis, ada satu orang pemudik asal Ngawi dengan tujuan ke Jepara positif COVID-19 swab tes antigen," kata Kepala Pos Pengamanan Ketapang, Budi Yuwono, kepada detikcom, Kamis (6/5/2021).

Budi menjelaskan, setelah hasilnya positif, pemudik itu diberikan surat pernyataan atau surat keterangan dari tim gugus tugas kemudian dilakukan koordinasi dengan gugus tugas warga itu berasal. Selanjutnya diminta untuk putar balik guna menjalani isolasi mandiri di wilayah tempat asalnya.

"Kami beri pengertian dan dampaknya. Kami minta untuk kembali ke asalnya dan dibekali surat keterangan untuk melakukan isolasi mandiri," katanya.

Dalam operasi penyekatan tersebut, petugas juga meminta satu unit bus dari Jakarta tujuan Surabaya dan dua unit mobil pribadi untuk berputar balik.

"Saat kami periksa, penumpang bus tidak ada yang bisa menunjukkan surat negatif hasil Swab COVID-19. Jadi kami suruh putar balik," ujarnya.

Penyekatan tidak hanya dilakukan untuk mobil atau kendaraan umum saja. Namun petugas gabungan juga menghentikan pengendara sepeda motor yang tidak memakai masker.

Sementara itu, Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas mengatakan, selain pos penyekatan di Ketapang, Cepu, petugas juga mendirikan 4 posko pengamanan yaitu Pos Pengamanan Gagakan di Kecamatan Kunduran, Pos Pelayanan Alun-alun Kabupaten Blora, Pos Pengamanan Desa Ngampel Blora serta Pos Pengamanan di Simpang Tiga Wulung Randublatung.

"Namun fokus kegiatan dilaksanakan di Pos Penyekatan Cepu, dikarenakan wilayah kecamatan Cepu berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur," kata Wiraga.

Menurut data hingga siang ini, jumlah kendaraan yang melintas di Pos Ketapang Cepu meliputi 63 kendaraan yang keluar, sedangkan yang masuk sebanyak 37 kendaraan. Adapun kendaraan yang diperiksa sebanyak 87 kendaraan dan yang diputarbalikkan oleh petugas ada 9 kendaraan roda empat dan 18 sepeda motor.

Selain melakukan pemeriksaan surat dan identitas kendaraan, petugas kesehatan juga melakukan test swab antigen secara acak, di mana jika ditemukan pengendara dari luar kota akan dilakukan test swab antigen.

Wiraga mengimbau kepada para pemudik untuk mematuhi aturan dari pemerintah agar tidak melakukan mobilisasi mudik lebaran.

"Kami imbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah untuk menekan angka penyebaran dan penularan COVID-19. Virus COVID-19 ini masih ada, jika tidak ada kepentingan yang mendesak agar tetap di rumah saja," tuturnya.

Lihat juga Video: Laporan Satgas COVID-19 soal 2.090 Orang Positif Corona Masuk RI

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)