Lurah yang Dicopot Gibran Enggan Melawan: Saya Ingin Kondusif

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 14:38 WIB
Poster
Ilustrasi pungli (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Lurah Gajahan, Suparno, yang dicopot Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka karena diduga terlibat pungli angkat bicara. Dia enggan memperpanjang masalah dan mengakui telah melakukan kesalahan.

Seperti diketahui, Suparno menandatangani surat edaran permohonan dana zakat dan sedekah hari raya Idul Fitri yang dibuat oleh Linmas Gajahan. Surat tersebut digunakan untuk petugas linmas berkeliling meminta dana seikhlasnya kepada masyarakat.

"Sudah, tidak apa-apa. Saya salah, memang saya salah," kata Suparno saat dihubungi detikcom, Senin (3/5/2021).

Dia pun tidak mempermasalahkan dirinya dicopot secara tiba-tiba. Padahal saat ini proses pemeriksaan di badan kepegawaian masih berlangsung.

"Ya kita ambil hikmahnya. Tidak apa-apa. Bekerja itu ya kadang salah kadang benar," ungkapnya.

Terkait dukungan warga dalam bentuk spanduk dan bentuk lain, Suparno mengaku tidak tahu. Dia meminta masyarakat mengikuti prosedur yang ada.

"Saya demi Allah nggak tahu itu. Kalau tahu malah saya setop. Jangan kayak gitu. Nggak baik. Sudahlah kita lakukan sesuai prosedurnya pemerintah, sudah ada yang mengurus. Saya tulus bekerja yang baik," katanya.

Ditanya kemungkinan adanya paksaan dalam menandatangani surat, Suparno tetap enggan membahasnya. Begitu pula tentang kabar dirinya tidak menerima uang hasil dugaan pungli, dia enggan berbicara.

"Sudahlah, tanya yang berhak saja. Saya penginnya kondusif nggak ada masalah, kita semua bisa bekerja dengan baik," katanya.

Sementara itu, Camat Pasar Kliwon, Ari Dwi Daryatmo, mengatakan dalam pemeriksaan sebelumnya Suparno mengaku tidak menerima hasil uang dugaan pungli. Namun memang benar Suparno menandatangani surat tersebut.

"Kemarin saya dengar beliau tidak pernah menerima uang seperti itu. Saya lihat beliau dari segi penghasilan sudah cukup, istrinya juga bekerja. Kalau surat mungkin beliau punya pertimbangan sendiri kenapa mau menandatangani," ujar Ari.

Simak Video: Momen Gibran Keliling Pertokoan, Kembalikan Uang Pungli Zakat

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)