33 Santri-Pengurus Ponpes di Kulon Progo Positif Corona

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 14:27 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Kulon Progo -

Sebanyak 33 santri dan pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Karim di Bumirejo, Lendah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Ke-33 penghuni yang positif Corona kini menjalani isolasi mandiri.

"Saat ini lokasi pondok sudah disterilisasi oleh gugus tugas tingkat desa, sementara penghuni (yang terjangkit) telah diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari," tutur Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati saat dihubungi wartawan, Senin (19/4/2021).

Baning menyebut kasus pertama di ponpes tersebut diketahui pada awal April 2021 lalu. Saat itu salah seorang santri mengalami gejala anosmia atau kehilangan penciuman bau. Saat dites santri tersebut dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen.

"Kemudian dilakukan tes lanjutan kepada warga pondok, hasilnya ada 33 yang dinyatakan positif dengan rincian 16 melalui tes PCR, dan 17 lainnya melalui tes antigen," jelas Baning.

Dari hasil penyelidikan epidemiologi, penularan tersebut terjadi saat kegiatan kunjungan orang tua santri ke pondok pada minggu ketiga dan keempat Maret lalu.

"Ternyata salah satu keluarga yang mengunjungi terkonfirmasi positif COVID-19, dari situ kemudian menyebar," terangnya.

Tak hanya di Ponpes Darul Karim, gugus tugas juga tengah memantau rumah tahfidz Nurul Qur'an di Hargorejo Kokap. Ada 55 penghuni yang mayoritas anak-anak menunjukkan gejala COVID-19. Dari jumlah tersebut, lima orang sudah tes swab PCR dan tiga di antaranya dinyatakan positif Corona.

"Kami Juga sudah melakukan test swab antigen pada 13 orang dengan 8 di antaranya terkonfirmasi positif," ucap Baning.

Baning mengatakan proses tracing kasus ini masih berjalan. Pada Senin dan Selasa, 19-20 April ini akan dilakukan pelacakan lebih lanjut. "Nanti akan kami kabari lagi," pungkasnya.

(ams/mbr)