11 Ribu Penumpang Bus dari Luar Kota Masuk ke Terminal Tegal

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 18:13 WIB
Terminal Kota Tegal
Terminal Kota Tegal. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal -

Selama April 2021 ini tercatat ada 11.159 penumpang bus dari luar kota yang masuk ke terminal Kota Tegal, Jawa Tengah. Meski begitu, jumlah ini belum dicatat sebagai lonjakan penumpang jelang mudik Lebaran 2021.

"Sebenarnya belum menunjukkan ada peningkatan pemudik yang turun di Terminal Tegal. Sejak awal April sampai kemarin tercatat ada 11.159 penumpang bus dari luar kota yang masuk terminal Tegal," kata Kepala Terminal Kota Tegal, Suprawito saat ditemui di kantornya, Kota Tegal, Jumat (16/5/2021).

Suprawito menyebut dari 11 ribu lebih penumpang bus yang masuk tidak semuanya turun di Terminal Tegal. Sebagian dari penumpang itu hanya melintas dan kembali melanjutkan perjalanan.

"Memang terlihat banyak, tapi perlu dicatat, mereka tidak semuanya turun di sini. Sebagian besar cuma masuk melintas dan melanjutkan kembali perjalananan. Semua penumpang baik turun maupun yang melintas semuanya kami hitung," bebernya.

Dia juga membantah jika ada peningkatan pemudik sebelum pemberlakuan larangan mudik Lebaran pada 6 Mei mendatang. Dia menyebut dari belasan ribu penumpang yang tercatat itu, jika dibagi harian ada sekitar 971 penumpang per hari.

Dia lalu merinci jumlah bus yang masuk ke terminal Tegal rata-rata 65 bus per hari. Dia pun menegaskan tidak ada peningkatan penumpang jelang larangan mudik Lebaran 2021.

"Sebenarnya kalau dihitung secara cermat, bila jumlah penumpang dibagi harian dan dibagi lagi dengan bus yang masuk terminal ini akan ketemu 15 orang per bus. Itu masih sangat sedikit, karena saat belum pandemi dalam satu bus bisa berisi 20 sampai 25 orang," pungkasnya.

(ams/sip)