Catat! Ini Perubahan Jam Buka Minimarket-Resto Saat Ramadhan di Sleman

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 13:30 WIB
Sepasang kekasih di Restoran. Agung Pambudhy/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi restoran. (Foto: Agung Pambudhy)
Sleman -

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengubah jam operasional tempat usaha yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat selama Ramadhan. Tempat usaha seperti kuliner, warung atau toko sembako, supermarket, dan kegiatan di pasar rakyat bisa buka lebih awal.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Sleman No 451/0882 tentang Penyelenggaraan Usaha Selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H. Jam operasional ini berlaku mulai tanggal 13 April hingga 14 Mei 2021.

"Memperhatikan kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri maka diperlukan pengaturan jam operasional khusus," kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).

Kustini menjelaskan ada empat kategori pelaku usaha yang mendapat perubahan jam operasional khusus. Pertama, pelaku usaha kuliner. "PKL kuliner, rumah makan, restoran dan semacamnya dapat mengoperasikan usaha mulai pukul 02.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB," jelasnya.

Kemudian kategori kedua, yakni untuk pelaku usaha warung atau toko sembako tradisional, toko kelontong, minimarket lokal, dan minimarket berjejaring. "Untuk kategori kedua juga dapat mengoperasionalkan usaha mulai pukul 02.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB," ucapnya.

Kategori ketiga yakni untuk pelaku usaha supermarket, hypermarket, dan perkulakan. Jenis usaha itu selama bulan Ramadhan dapat mengoperasikan usahanya mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Keempat, yakni untuk pelaku usaha di pasar rakyat bisa juga mengoperasikan usahanya hingga pukul 21.00 WIB.

Kustini juga mengingatkan, selama menjalankan operasional usaha, tempat usaha wajib menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, ia juga meminta usaha kuliner agar bisa mengemas tampilan usahanya.

"Tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Dan untuk usaha kuliner, harus mengemas sedemikian rupa tampilan usahanya dengan mengedepankan toleransi dan menghormati warga yang berpuasa," tutupnya.

Simak Video: Sambut Ramadhan, Resto hingga Rumah Makan Buka Sampai 22.30 WIB

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)