Pantauan Hilal di Masjid Agung Jateng Tertutup Awan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 18:26 WIB
Pemantauan hilal di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Selasa (12/4/2021)
Pemantauan hilal di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Senin (12/4/2021). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menjadi salah satu lokasi pantauan hilal penentuan 1 Ramadhan 1442 Hijriah. Dari menara Al Husna MAJT, hilal atau bulan baru tidak terlihat karena tertutup awan.

Pantauan hilal di menara MAJT diikuti berbagai pihak mulai dari Kemenag, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, ormas, hingga mahasiswa serta santri. Wakil Ketua Lembaga Falaqiyah Pengurus Besar NU Slamet Hambali mengatakan matahari sempat terlihat namun saat tiba waktunya terbenam, awan menutupi matahari begitu pula bulan baru.

"Tapi sampai sekarang 17.40 WIB matahari terbenam, bulan tertutup awan. Matahari tadi kelihatan, tapi 10 menit sebelum terbenam sudah tidak kelihatan," kata Slamet saat ditemui di menara MAJT, Semarang, Senin (12/4/2021).

Slamet menyebut hasil pantauan dari Masjid Agung Jateng ini bakal dilaporkan untuk materi sidang isbat di Jakarta. Meski di Semarang tak tampak, sudah ada daerah yang melihat hilal sehingga diyakini 1 Ramadhan 1442 H akan jatuh pada Selasa (13/4) besok.

"Insyaallah sudah ada berita di Gresik sudah melihat bulan baru, hilal. Dengan demikian tidak ada alasan menunda 1 Ramadhan 1442 Hijriah. Setelah magrib ada sidang isbat, saya akan gabung, insyaallah Ramadhan jatuh hari Selasa Wage 13 April 2021," tegasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 H atau 2021. Sidang isbat akan diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, sore ini.

Simak video 'Kemenag: Hilal Sudah Ada, Tinggi 3,59 Derajat':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)