SMP di Kudus Baru Uji Coba Sekolah Tatap Muka Besok, Ini Alasannya

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 10:58 WIB
Siswa SMAN 1 Bae Kudus saat mengikuti sekolah tatap muka, Senin (5/4/2021).
Siswa SMAN 1 Bae Kudus saat mengikuti sekolah tatap muka, Senin (5/4/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Uji coba belajar atau sekolah tatap muka di Jawa Tengah yang diikuti 140 sekolah tingkat SMP, SMA sederajat dimulai hari ini. Namun SMP di Kudus baru gelar sekolah tatap muka besok.

"Guru yang akan (sekolah yang akan menggelar) tatap muka tetap divaksin tahap kedua hari ini, kita (di Kudus) SMP 1 Jekulo, sehingga pelaksanaan tatap muka baru besok," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kudus, Harjuna Widada, kepada wartawan di sela-sela memantau vaksin guru di pusat belajar guru Kudus, Senin (5/6/2021).

Harjuna mengatakan ada empat sekolah di Kudus yang ditunjuk menggelar sekolah tatap muka. Empat sekolah tersebut yakni SMPN 1 Jekulo, SMAN 1 Bae, MA NU Banat, dan SMK Wisuda Karya. Namun untuk SMA sederajat sudah melaksanakan belajar tatap muka Senin ini.

"SMA (sederajat) hari ini sudah tatap muka, terus jam 10-11 siang baru gurunya divaksin tahap kedua. SMA sederajat itu kewenangan provinsi, mungkin sudah koordinasi dengan dinas kesehatan (untuk menggelar belajar tatap muka)," terang dia.

Diwawancara terpisah, Kepala SMAN 1 Bae Supriyono mengatakan SMAN 1 Bae menggelar sekolah tatap muka mulai hari ini. Menurutnya ada sebanyak 110 siswa kelas X yang mengikuti simulasi belajar tatap muka.

"110 siswa dari kelas X yang mengikuti uji PTM, pelaksanaan kita bagi dua tahap. Kita ambil 110 itu karena adalah anak terdekat, anak sehat, anak yang berangkat ke sekolah pakai kendaraan sendiri atau diantarkan orang tua. Tidak memakai kendaraan umum," ujar Supriyono ditemui di sekolah pagi ini.

Menurutnya siswa yang melaksanakan belajar tatap muka langsung mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari masuk dari pintu gerbang, mencuci tangan, hingga saat di ruang kelas.

"Mulai dari turun di depan pintu gerbang, menuju cuci tangan, cek suhu tubuh, kalau suhu tubuh di atas 37,3 derajat itu kita perintahkan untuk ke UKS. Kemudian udah baik kita masuk kelas. Suhu yang tinggi kita antar pulang," jelasnya.

Simak juga video 'Bagaimana Teknis Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka Terbatas?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2