Round-Up

Antisipasi Mudik di Jateng-DIY: TNI-Polri Jaga Perbatasan-Rumah Karantina

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 08:36 WIB
Tim gabungan razia kendaraan di Ciamis dekat perbatasan Jabar dan Jateng.
Tim gabungan razia kendaraan di Ciamis dekat perbatasan Jabar dan Jateng tahun lalu (Foto: Dadang Hermansyah)

4. Bupati Karanganyar tak larang masyarakat mudik ke wilayahnya

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mempersilakan pemerintah pusat melarang masyarakat untuk mudik. Namun dirinya tak akan membuat aturan khusus untuk hal tersebut.

"Terkait dengan mudik, kami ini kan melaksanakan undang-undang, melaksanakan petunjuk. Kalau pemerintah pusat sudah mengimbau untuk tidak mudik ya silakan untuk diikuti dengan baik. Tapi kan kami tidak memerintah apa-apa," ujar Yuli saat ditemui wartawan di rumah dinas Bupati Karanganyar, Selasa (30/3).

"Posisi kami kan pasif. Tapi bagaimana jika masyarakat pulang dan sudah ada di Karanganyar? Ya saya terima dengan penuh rasa syukur bahagia," kata dia.

5. Bupati Klaten sebut pemudik wajib swab antigen

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pemudik dengan tujuan Klaten wajib menunjukkan surat hasil tes swab antigen. Pihaknya mengoptimalkan pemantauan pemudik melalui pemerintah di tingkat desa hingga RT.

"Besok kalau memang pemerintah sudah ada hitam di atas putih perintah tidak ada mudik tapi ada yang nekat mudik, masuk Klaten wajib swab, atau bawa surat swabnya," ujar Sri Mulyani pada wartawan usai membuka Bintek pelatihan pengendalian hama terpadu di Jogonalan, Selasa (30/3).

Halaman

(ams/ams)