Viral Foto dan Info 5 Tahanan di Purbalingga Kabur, Ini Faktanya

Vandi Romadhon - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 17:06 WIB
Tangkapan layar postingan tahanan kabur di Purbalingga
Foto: Tangkapan layar postingan tahanan kabur di Purbalingga
Purbalingga -

Postingan soal lima tahanan kabur di Purbalingga, Jawa Tengah, menyebar di aplikasi percakapan dan media sosial. Kelima tahanan kabur itu juga disertai dengan laporan mobil hilang, seperti apa faktanya?

Dalam postingan itu dikabarkan lima tahanan merupakan Pelaku kasus pencurian dengan kekerasan dan kasus narkoba. Postingan itu juga mengabarkan bahwa kelima tahanan saat ini berada di sekitar Doplang dan Adireja Kecamatan Karangreja.

"Buronan kabur lur. Harap berhati-hati. Lagi rame ramene neng desa desa kon pada ronda. Kasus narkoba & curas / pencurian dgn kekerasan ... Lok rutan Purbalingga. Tadi malam jg ada mobil hilang di desa glp pasir," tulis akun Fach*** seperti dikutip detikcom, Kamis (25/3/2021).

Postingan itu juga menyertakan foto empat tahanan yang disebut kabur. Ada tiga foto yang diambil dengan latar tulisan Sat Narkoba.

Saat dimintai konfirmasi, pihak Rutan Purbalingga membantah adanya lima tahanannya yang kabur. Pihak lapas membantah kejadian yang viral itu terjadi di Rutan Kelas IIB Purbalingga.

"Bukan, di Rutan Purbalingga tidak ada tahanan yang kabur," Kata Kepala Satuan Pengamanan Rutan Kelas IIB Purbalingga, Soni Nevridiyanto saat dihubungi detikcom, Kamis (25/3/2021).

Soni mengaku mengetahui kabar soal lima tahanan yang kabur tersebut. Namun, menurut Soni peristiwa itu terjadi di Polres Purbalingga.

"Setahu saya (tahanan kabur) itu terjadi di Polres Purbalingga, warga binaan di rutan masih utuh" cetusnya.

Namun, Soni mengaku tidak tahu kronologi kejadian kelima tahanan tersebut kabur. Dia meminta hal itu ditanyakan ke Polres Purbalingga.

"Kalau kejadiannya informasinya ke polres aja nggih, karena berada di Polres," jelasnya.

detikcom sudah mencoba meminta keterangan dari Polres Purbalingga namun hingga berita ini diturunkan pihak kepolisian belum memberikan keterangan.

(ams/sip)