Kapolri Resmikan Patung Bapak Brimob M Jasin di Akpol Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 15:18 WIB
Patung Bapak Brimob Polri Komjen (Purn) Moehammad Jasin di Akpol Semarang, Jawa Tengah
Patung Bapak Brimob Polri Komjen (Purn) Moehammad Jasin di Akpol Semarang, Jateng. (Foto: Angling/detikcom)
Semarang -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan patung Komjen (Purn) Dr H Moehammad Jasin di gedung serbaguna Kompleks Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang, Jawa Tengah. Moehammad Jasin selama ini dikenang sebagai Bapak Brimob Polri.

Peresmian patung tersebut bersamaan dengan Rakernis Lemdiklat Polri. Patung Jasin dibuat dengan pose mengendarai kuda dengan posisi tangan hormat dan menghadap ke barat.

"Teladan beliau merupakan contoh buat generasi kami dan ada nilai-nilai yang harus kita tanamkan," kata Sigit di Akpol seperti dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (25/3/2021).

Sigit menyebut keberadaan patung tersebut untuk mengenang jasa M Jasin. Sigit pun senang karena direstui membangun patung untuk Bapak Brimob tersebut.

"Alhamdulillah kami mendapatkan restu dapat meresmikan patung Moh Jasin yang merupakan contoh dan tradisi yang harus kita kenang," terang dia.

Monumen patung Moh Jasin tersebut merupakan sumbangan angkatan Akabri pertama. Sigit berpesan agar patung Bapak Brimob tersebut dijaga.

Mengutip dari situs www.museum.polri.go.id, M Jasin merupakan sosok kelahiran Sulawesi yang menunjukkan prestasi cemerlang ketika menjalankan tugas dari Kapolri Jenderal Raden Said Soekanto Tjokrodimodjo untuk membentuk brigade mobil (Brimob), tahun 1946.

Moehammad Jasin pernah menjabat Kepala Kepolisian di Karesidenan Malang. Kesatuan yang diresmikan pada 14 November 1946 di Purwokerto ini berjasa mengatasi ancaman keamanan dan ketertiban seperti pada peristiwa Agresi Militer Belanda dan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) di Bandung, serta pengamanan jalan di wilayah Jawa Barat dari ancaman gerombolan DI/TII.

Pemerintah menganugerahi Moh Jasin sebagai pahlawan nasional. Penganugerahan itu diberikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada ahli waris Jasin di Istana Presiden pada 11 November 2015.

(ams/sip)