Pengumuman Lur! Car Free Day Solo Bakal Dibuka Lagi untuk Olahraga

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 19:03 WIB
Car Free Day (CFD) Solo diliburkan selama lebaran
Ilustrasi CFD Solo sebelum pandemi Corona (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah bersiap memberlakukan kembali car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan di Jalan Slamet Riyadi. Namun, CFD yang digelar setiap Minggu pagi ini nantinya hanya difungsikan untuk kegiatan olahraga.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani, menjelaskan pedagang belum diperbolehkan berjualan di area CFD.

"Kita persiapan CFD namun hanya persiapan untuk olahraga. Tidak untuk kuliner dan tidak ada aktivitas untuk jual beli," kata Ahyani usai mengikuti rapat koordinasi penanganan COVID-19 di Balai Kota Solo, Senin (22/3/2021).

Menurutnya, saat ini pemkot masih dalam tahap persiapan dan sosialisasi. Diperkirakan CFD bisa kembali diberlakukan dua pekan ke depan.

"Ya mudah-mudahan dua minggu yang akan datang, sebelum puasa mudah-mudahan sudah bisa dilaksanakan. Kan perlu sosialisasi dulu," ujar dia.

CFD tersebut rencananya digelar dari Gladag sampai Purwosari seperti biasanya. Untuk memastikan protokol kesehatan tetap terjaga, pemkot akan melakukan pengawasan saat CFD.

"Pengawasan pasti ada, dari Satpol PP dan Dishub nanti tetap berjaga di CFD," kata Ahyani.

Dalam rapat itu, kata Ahyani, juga membahas terkait persiapan menjelang bulan Ramadhan. Pemkot memperbolehkan kegiatan ibadah namun tetap dengan protokol kesehatan.

"(Aturan) Ibadah sama, kita harapkan dari Kemenag menyiapkan SOP. Jadi masing-masing penyelenggara ada SOP-nya," kata Ahyani.

Ahyani menuturkan terkait acara pernikahan saat pandemi virus Corona, pihaknya masih belum memperbolehkan digelar di rumah. Acara pernikahan harus digelar di gedung pertemuan atau di hotel.

"Pernikahan masih belum boleh di rumah. Di gedung tetap dibatasi," pungkasnya.

Tonton Video: Satgas COVID-19 Minta CFD Ditiadakan Saat Libur Panjang

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)