Legenda Tayub Sragen Bu Suji Mentir Meninggal Dunia

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 17:24 WIB
sujiati mentir
Bu Suji saat menderita sakit beberapa waktu lalu. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Seniman tayub yang juga sinden asal Sragen, Jawa Tengah, Sujiati (67), dikabarkan meninggal dunia. Seniman yang terkenal dengan nama Suji Mentir ini meninggal akibat sakit yang dideritanya dalam beberapa waktu terakhir.

"Iya betul baru saja. Beliau meninggal sekitar pukul 16.00 WIB tadi. Ini saya sudah di rumah Bu Suji," ujar keponakan Suji Mentir, Meling (36), saat dihubungi detikcom, Selasa (16/3/2021).

Menurut Meling, tidak ada gejala maupun tanda-tanda tertentu sebelum Suji berpulang. Bahkan siang hari tadi, Suji masih sempat diberi makan oleh pihak keluarga.

"Kondisi terakhir tadi masih sadar. Sampai tadi siang masih makan. Tadi sore tidur, terus langsung nggak ada (meninggal). Tadi yang menunggui putrinya, Mbak Nyoi Prawati," ungkapnya.

Meling menyebut, sejak sakit dalam beberapa bulan terakhir ini, kesehatan Suji Mentir tidak kunjung membaik. Bahkan kondisinya semakin menurun dalam beberapa minggu terakhir.

"Kondisinya seperti itu terus, malah semakin memburuk. Makan nggak mau, badannya makin kecil tinggal tulang karena susah makan," terangnya.

Selama ini, lanjut Meling, pihak keluarga telah mendatangkan dokter untuk merawat kondisi Suji Mentir. Menurut dokter, Suji Mentir menderita beberapa penyakit yang membuat kondisi kesehatannya terus turun.

"Selama ini kita datangkan dokter untuk terapi. Diagonsa dokter Bu Suji itu sakit radang tenggorokan, gula dan darah tinggi. Jadi komplikasi," kata dia.

Rencananya Suji Mentir akan dimakamkan Rabu (17/3) besok sekitar pukul 10.00 WIB. Suji Mentir akan dimakamkan di pemakaman Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen.

"Rencana dimakamkan besok pagi sekitar pukul 10.00 WIB di pemakaman Desa Tegalrejo," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kondisi kesehatan seniman tayub dan sinden asal Sragen, Sujiati (67), mengalami penurunan. Seniman yang terkenal dengan panggilan Suji Mentir ini mengalami kelumpuhan separuh tubuh, hingga tak mampu lagi beranjak dari tempat tidur.

Lihat juga video 'Anton Medan Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2