PCR Penyintas Corona B117 Negatif, Dinkes: Kontak Erat Tertular Orang Lain

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 12:03 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono, Selasa (9/3/2021).
Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Hasil pemeriksaan PCR dua orang kontak erat langsung dengan seorang penyintas Corona B117, A (47) asal Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah dinyatakan positif. Dinkes menyatakan kecil kemungkinan dua orang ini tertular melalui A karena hasil pemeriksaan PCR A sudah negatif.

"Berdasarkan ilmu yang saya pelajari, Nyonya A ini sudah negatif berdasarkan hasil PCR waktu dikarantina di Wisma Atlet. Jadi logikanya kalau sudah negatif, harusnya penularan (terhadap kontak erat) bukan dari Nyonya A. Kita kan tahu sekarang virus ada di mana-mana, sehingga bisa jadi K dan S ini tertular dari yang lain," urai Kepala Dinas Kesehatan Brebes, dr Sartono, kepada wartawan di kantornya, Brebes, Selasa (9/3/2021).

Sartono menjelaskan A telah dites PCR lagi di Brebes dengan hasil negatif. Sehingga menurutnya penularan Corona pada para kontak erat yang diperiksa pekan lalu bukan dari A.

"PCR itu kan golden pemeriksaan kita. Artinya kalau negatif, berarti sudah aman. Faktanya Nyonya A ini sudah negatif. Waktu dikarantina hasil PCR negatif dan kemudian dia pulang. Setelah diperiksa lagi di sini hasilnya juga negatif. Jadi penularan bukan dari A, meski katanya masih mungkin menulari, tapi sangat kecil sekali," jelas Sartono.

Diberitakan sebelumnya, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes, Imam Budi Santoso, menjelaskan hasil tes PCR dua orang kontak erat dengan A dinyatakan positif pada Sabtu (7/3). Imam menyebut dua orang yang positif Corona tersebut berinisial K (perempuan) dan M (laki-laki).

A yang merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi yang dinyatakan sebagai penyintas Corona B117. Selain A, terdapat TKI lainnya yakni M (40) yang juga penyintas Corona B117. A dan M pulang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada hari berbeda.

Simak video 'Virus Corona B117 Mudah Menular Namun Tidak Lebih Mematikan':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)