Hari Pertama Sekolah Tatap Muka di Batang, Begini Suasananya

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 11:03 WIB
Hari pertama sekolah tatap muka di SDN Pandansari, Batang, Selasa (9/3/2021).
Hari pertama sekolah tatap muka di SDN Pandansari, Batang, Selasa (9/3/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Batang -

Setelah hampir setahun tak berangkat ke sekolah karena pendemi virus Corona, murid-murid di sebagian Kabupaten Batang, Jawa Tengah sudah mulai belajar atau sekolah tatap muka hari ini. Salah satunya di SDN Pandansari yang mulai sekolah tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Ya hari ini pertama kita berlakukan pembelajaran di sekolah. Alhamdulillah, Pandansari ini zona hijau, sesuai instruksi Pak Bupati hari ini berangkat sekolah," ujar Kepala SDN Pandansari, Sutrisno, kepada wartawan, Selasa (9/3/2021).

Sutrisno menjelaskan prokes tetap berlaku secara ketat. Selain wajib memakai masker, para siswa diberi face shield gratis oleh pihak sekolah.

"Dan saya minta para guru juga harus ekstra memperhatikan murid-muridnya, agar tetap mematuhi prokes," lanjut dia.

Diwawancara terpisah, Bupati Batang, Wihaji, mengatakan dari 15 kecamatan di wilayahnya hanya dua di antaranya belum bisa menggelar sekolah tatap muka.

Hari pertama sekolah tatap muka di SDN Pandansari, Batang, Selasa (9/3/2021).Hari pertama sekolah tatap muka di SDN Pandansari, Batang, Selasa (9/3/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)



"Dua wilayah yang belum bisa tatap muka, yakni wilayah Kecamatan Limpung dan Kecamatan Batang. Keduanya masih zona merah," kata dia.

Dia menjelaskan pembelajaran sekolah tatap muka di Batang berlaku dengan sistem pembagian dua kelompok belajar. Dua kelompok belajar tersebut separuh siswa belajar di sekolah, dan sisanya belajar di rumah. Dua kelompok ini bergantian setiap harinya. Sehingga masing-masing siswa akan sekolah tatap muka dua hari sekali.

Salah seorang siswa SDN Pandansari, Risma mengatakan telah menyiapkan segala perlengkapan protokol kesehatan untuk berangkat sekolah hari ini. Dia mengaku sangat bersemangat karena sudah kangen pergi ke sekolah.

Hari pertama sekolah tatap muka di SDN Pandansari, Batang, Selasa (9/3/2021).Hari pertama sekolah tatap muka di SDN Pandansari, Batang, Selasa (9/3/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

"Senang hari ini bisa sekolah. Kangen dengan sekolah. Libur terus malah bosan di rumah," kata Risma.

Pantauan di lokasi, setiap siswa yang datang ke sekolah diperiksa suhu tubuhnya di pintu masuk sekolah. Kemudian mereka diberi face shield dan wajib cuci tangan dengan sebelum masuk kelas.

Salah seorang orang tua siswa, Priyanti (37) mengaku senang anaknya bisa kembali ke sekolah setelah mulai dilakukan sekolah tatap muka.

"Senang sekali anak-anak sudah bisa sekolah. Kalau di rumah, tobat, saya tidak bisa mengajari pelajaran sekolah pada anak," kata dia.

Simak juga 'Inggris Izinkan Sekolah Tatap Muka':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)