Hasil PCR 2 Kontak Erat Penyintas Corona B117 di Brebes Positif

Imam Suripto - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 13:19 WIB
Tes swab kontak erat penyintas Corona B117 di Brebes.
Tes swab kontak erat penyintas Corona B117 di Brebes pekan lalu. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Hasil tes PCR kontak erat seorang penyintas virus Corona B117 di Kabupaten Brebes, A (47) telah keluar. Dari tujuh orang kontak erat, dua di antaranya dinyatakan positif virus Corona.

"Hasil laboratorium keluar Sabtu kemarin pukul 22.00. Dua orang kontak erat langsung penyintas Corona B117 asal Kubangjati setelah dilakukan pemeriksaan PCR swab hasilnya positif," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes, Imam Budi Santoso, saat dihubungi wartawan, Senin (8/3/2021).

Imam menyebut dua orang yang positif Corona tersebut berinisial K (perempuan) dan M (laki laki). Pemeriksaan A yang merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi ini telah diperiksa bersama tujuh orang kontak erat selama di Brebes pada Kamis (4/3).

Dari pemeriksaan awal berupa tes rapid swab antigen, delapan orang tersebut dinyatakan negatif. Namun dari hasil tes PCR yang diteliti di Puslabkes Jakarta, dua orang di antara mereka dinyatakan positif Corona.

Kemudian pada keesokan harinya, Pemkab Brebes melaksanakan tracing hingga kontak erat lini dua. Mereka yakni orang-orang yang berada di sekitar rumah A.

Tracing lini dua ini dilakukan karena A juga sempat menggelar hajatan beberapa hari sebelumnya.

"Jumat pagi kami tracing kembali sampai ke lini dua. Semuanya ada 7 orang dan hasilnya semua negatif rapid test," bebernya.

Kembali soal dua orang kontak erat dari A yang dinyatakan positif virus Corona di atas, Imam belum bisa memastikan detail jenis virusnya. Untuk memastikannya, Dinkes Brebes kembali mengambil sampel serum keduanya untuk dikirim dan diperiksa lebih lanjut di Jakarta.

"Kemarin sudah diambil sampel serumnya dan sudah dikirim ke Jakarta," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya A merupakan salah satu penyintas Corona B117 yang terdeteksi di Indonesia. Selain A, terdapat TKI lainnya yakni M (40) yang juga penyintas Corona B117.

Plt Kadinkes Karawang Nanik Jodjana menjelaskan dua TKI yang pulang dari Arab Saudi tersebut tiba di Indonesia berbeda hari dan waktu melalui Bandara Soekarno-Hatta. Keduanya kemudian menjalani tes PCR dengan positif virus Corona B117.

Pihak berwenang kemudian meminta keduanya menjalani karantina di sebuah hotel di Jakarta. "Setelah dites lagi, hasilnya sudah negatif," kata Nanik.

Simak juga Video: Selain B117, Varian Corona B1351 dari Afsel Juga Perlu Diwaspadai

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)