Pemuda Ngamuk Menghunus Samurai di Klaten, Polisi Lepas Tembakan Merica

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 20:31 WIB
pemuda mengamuk menghunus samurai
Pemuda di Klaten mengamuk menghunus samurai. (Foto: Tangkapan layar medsos warga)

Petugas, lanjut Budi, mencoba menjatuhkan samurai dengan galah bambu. Beberapa kali pukulan ke tangan dan samurai gagal dan mencoba menyerang petugas.

"Beberapa kali anggota mundur sebab pelaku membawa samurai. Akhirnya ditembakkan peluru merica ke pelaku sehingga pelaku terus sibuk mengucek mata dan saat itulah kami sergap," sambung Budi.

Sebelum menangkap pelaku, ucap Budi, Polsek dan Polres sudah berkoordinasi dengan keluarga pelaku. Setelah diizinkan keluarga baru dilakukan tindakan.

"Sebelumnya kita sudah ijin keluarga dan keluarga meminta tidak ada yang terluka. Akhirnya kita tembakan merica dan kita bawa ke RSJD," pungkas Budi.

Kapolsek Pedan AKP Damin menjelaskan sebelum mengamuk membawa senjata tajam, pelaku sempat corat-coret di jalan. Tangannya membawa samurai.

"Betul sudah diamankan. Sebelum diamankan yang bersangkutan corat-coret di jalan yang isinya provokasi dengan membawa pedang. Setelah kami lidik ternyata yang bersangkutan warga kedungan, Pedan," kata Damin kepada detikcom.

Dari keterangan keluarga, ungkap Damin, yang bersangkutan depresi sering berobat. Polsek berkoordinasi dengan muspika, perangkat desa dan keluarga sebelum diamankan.

"Karena membahayakan masyarakat kita koordinasi dengan Polres untuk mengamankan. Karena yang bersangkutan membawa senjata makanya kita menggunakan alat," jelas Damin.

Halaman

(mbr/mbr)