Jenglot dari Gabus Temuan di Makam Keramat Kudus Akhirnya Dibakar

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 12:14 WIB
jenglot dari gabus di kudus akhirnya dibakar
Jenglot dari gabus di Kudus akhirnya dibakar. (Foto: Dok Yayasan Menara Kudus)
Kudus - Jenglot yang ditemukan di sebuah makam keramat di Kudus, Jawa Tengah hanyalah dari sebuah gabus. Pihak Yayasan, Menara, Makam, dan Masjid Sunan Kudus pun akhirnya membakar jenglot tersebut.

"Untuk menghindari fitnah benda tersebut kemudian dibakar hingga musnah," Humas Yayasan, Menara, Makam, dan Masjid Sunan Kudus, Denny Nur Hakim dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (7/3/2021).

Denny menjelaskan sebelumnya telah mendatangkan ahli untuk meneliti temuan jenglot tersebut. Namun setelah dilakukan penelitian dipastikan jenglot itu hanya benda buatan saja.

"Namun jika diperhatikan lebih cermat lagi, ada beberapa kejanggalan yang muncul, mulai dari karakteristik fisik sampai yang metafisik. Setelah mencermati beberapa saat, sang ahli memastikan bahwa benda tersebut adalah benda buatan, lalu dibuktikan dengan cara membedahnya," ujarnya.

Menurutnya setelah dibedah ternyata tubuh jenglot itu terbuat dari gabus. Lalu kulitnya dari jok, rambutnya dari salon, giginya dari kawat hingga warna merah di mulutnya adalah cairan zat pewarna dari botol plastik.

"Ternyata benda tersebut hanyalah sebuah karya seni. Tubuhnya dari gabus, kulitnya dari jok, rambutnya dari salon, giginya dari kawat, tulangnya dari tulang kambing, dan warna merah mulutnya adalah cairan zat pewarna dari botol plastik di dalam perutnya yang disambung selang ke arah mulut," sambung Denny.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak heboh jika menemukan benda mirip dengan jenglot. Pihaknya pun mengajak kepada masyarakat agar menjalankan agama secara benar agar tetap mewarnai khazanah peradaban wali.

"Sebagai pengurus Perhimpunan Pemangku Punden dan Belik (P3B), kami berharap kepada semua pihak untuk menjalankan agama secara benar, tetap mewarnai khazanah peradaban wali. Selalu menghargai sesepuh, dan memayu kanthi laku leluhur," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, jenglot ditemukan di makam keramat Desa Burikan, Kecamatan Kota, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu tanggal (27/2). Jenglot ditemukan memiliki rambut panjang dan bertaring dua.

Simak juga Video: Heboh Penangkapan Jenglot di Banyuwangi

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)