Terpopuler Sepekan di Jateng

Heboh Temuan Jenglot Bertaring-Berambut Panjang di Makam Keramat Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 14:43 WIB
Pemampakan jenglot yang ditemukan di makam Ki Buyut Akasah
Penampakan jenglot yang ditemukan di makam Ki Buyut Akasah (Foto: juru kunci makam Ki Buyut Akasah Kudus)

Gus Muwafiq menyebut jenglot pernah ngetren pada zaman Majapahit akhir dan awal Kerajaan Demak. Namun setelah zaman itu, jenglot mulai jarang ditemui.

"Ya dia makhluk, makhluk yang sudah pernah menjadi tren pada zamannya gitu. Jadi tren jenglot di kisaran Majapahit, era jenglot itu akhir Majapahit awal Demak setelah itu jarang ditemui," ucap Gus Muwafiq.

"Dulunya, jadi dulu ada orang yang punya ilmu semacam ilmu rawa rontek. Ketika dia mau melepaskan kehidupannya tidak bisa dan menjadi mengecil," sambung dia.

Kawasan Makam Buyut Akasah di Desa Burikan Kecamatan Kota, Kudus, Senin (1/3/2021).Kawasan Makam Buyut Akasah di Desa Burikan Kecamatan Kota, Kudus, Senin (1/3/2021). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Gus Muwafiq pun mengimbau kepada masyarakat jika menemukan jenglot jangan terlalu heboh. Karena jika menemukan jenglot sama saja menemukan sisa-sisa peradaban masa lalu.

"Masyarakat kalau menemukan jenglot seperti menemukan keris saja, artinya sisa-sisa peradaban masa lalu. Jadi kalau ketemu jenglot jangan terlalu heboh, karena kan bisa jadi bukan jenglot asli," terang Muwafiq.

Halaman

(ams/ams)