KLB Demokrat Pilih Moeldoko Jadi Ketua Umum, PD DIY: AHY Ketum yang Sah

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 19:07 WIB
Agus Harimurti Yudhyono atau AHY
Foto: Agus Harimurti Yudhyono atau AHY. (Sachril/detikcom)
Yogyakarta -

Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD), yang diklaim sepihak sejumlah orang, memutuskan Kepala KSP Moeldoko menjadi Ketua Umum (Ketum) Demokrat. Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD PD DIY) menegaskan tetap mendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kita di DIY tetap mendukung bahwa kepemimpinan kita yang sah partai adalah hasil kongres kelima adalah Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), itu saja," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat DIY Freeda Mustikasari saat dihubungi wartawan, Jumat (5/3/2021).

Freeda juga memastikan kader Partai Demokrat di DIY sangat solid. Mengingat mereka hanya mengakui AHY sebagai ketum PD.

"Yang jelas kita tetap solid. Kalaupun ini tercederai ini demokrasi artinya kalau pemerintahan sampai memutuskan (KLB Sibolangit) ini sah, ya mencederai demokrasi," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, KLB Partai Demokrat (PD) yang diklaim sepihak oleh segelintir pihak memutuskan Moeldoko sebagai Ketua Umum terpilih. Hal ini berdasarkan voting yang dilakukan dalam KLB Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Kongres Luar Biasa Partai Demokrat menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan, memutuskan, menetapkan pertama, dari calon kedua tersebut atas voting berdiri, maka Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025," kata pimpinan sidang Jhoni Allen Marbun saat membacakan putusan sidang pleno di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Jumat (5/3).

Moeldoko diputuskan sebagai Ketua Umum terpilih setelah melalui proses pencalonan. Moeldoko mengalahkan Marzuki Alie, yang dicalonkan oleh DPD NTB. Sementara itu, Moeldoko dicalonkan DPD Kalteng, Sulteng, Papua Barat, hingga Aceh.

(rih/sip)