TKI Penyintas Corona B117 Mudik ke Brebes, Ganjar: 8 Orang Ditracing

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 16:25 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo datangi lokasi pengungsian banjir Kota Pekalongan, Rabu (17/2/2021).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo datangi lokasi pengungsian banjir Kota Pekalongan, Rabu (17/2/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Brebes -

Salah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berinisial A, penyintas virus Corona B117 pulang dari Karawang ke kampung halamannya ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Terkait hal itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkap ada delapan orang berhubungan dekat yang di-tracing.

"Sudah saya cek tadi sudah dilakukan tracing, kurang lebih ada 8 orang yang berhubungan erat, sudah tes semuanya tadi pagi dan hasilnya langsung ke Jakarta sehingga kita menunggu hasilnya beberapa hari," kata Ganjar kepada wartawan di rumah dinasnya, Kamis (4/3/2021).

Ganjar menjelaskan delapan orang tersebut telah menjalani karantina mandiri di rumahnya dengan pengawasan. Jika bersedia, mereka bisa diisolasi terpusat di satu lokasi.

"Saya minta segera tracing secepatnya, karantina, dan orang yang sudah berhubungan erat dekat dipantau untuk karantina yang betul-betul tidak berhubungan dengan orang lain, tapi tidak perlu ditakut-takuti. Dipantau saja segala sesuatunya agar nyaman," imbuhnya.

Ganjar mengaku belum mengetahui detail perjalanan A dari Karawang ke Brebes. Namun dari informasi yang dia peroleh, A sudah menjalani isolasi saat perjalanan dari Arab Saudi.

"Dia dari Jakarta sudah diisolasi dulu, dari Arab Saudi diisolasi, terus dites positif kemudian dikarantina di Jakarta sudah negatif, pulang ke Karawang mampir ke tempat orang tuanya. Kalau naiknya apa kurang tahu persis," terang Ganjar.

Untuk diketahui, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, Nanik Djojana, mengatakan mengatakan A berdomisili di Karawang dan Brebes merupakan kampung halamannya.

"Inisial A, tidak di-tracing di sini (Karawang), dia langsung pulang ke kampungnya di Brebes," kata Nanik, Kamis (4/3).

Simak Video: Jurus Ganjar Pranowo Cegah Corona B117 Masuk Jateng

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)