Catat Lur! Bupati Gunungkidul Janji Tak Ambil Gaji Selama Menjabat

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 17:55 WIB
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Bupati Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sunaryanta, berjanji tidak akan mengambil gaji selama menjabat sebagai kepala daerah. Sunaryanta menyebut gajinya sebagai bupati akan dikembalikan ke kas daerah.

"Saya tidak akan menerima gaji selama saya menjabat ini. Jadi (gaji) akan saya kembalikan untuk rakyat (Gunungkidul)," kata Sunaryanta saat ditemui wartawan di kantor DPRD Kabupaten Gunungkidul, Senin (1/3/2021).

Sementara khusus gaji pertamanya sebagai Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menjanjikan akan dipakai untuk makan bersama para pasukan kuning dan tenaga harian lepas (THL).

"Gaji pertama akan saya gunakan untuk makan bersama teman-teman tukang sapu dan THL," ujar pensiunan perwira menengah TNI AD ini.

Menyoal program kerjanya selama menjabat Bupati Gunungkidul, mantan ajudan pribadi eks Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu ini mengaku telah mempersiapkannya. Dia menyebut ada tujuh strategi untuk mencapai visi misi yang diembannya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Wakilnya Heri Susanto saat dilantik di Kompleks Kantor Gubernur DIY , Jumat (26/2/2021)Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Wakilnya Heri Susanto saat dilantik di Kompleks Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kota Yogyakarta, Jumat (26/2/2021). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

"Kami menentukan 7 strategi demi mencapai visi-misi yang kami sebut sebagai Sapta Karya. Seperti menguatkan ekonomi kerakyatan, pariwisata, dan investasi di Gunungkidul," katanya.

Nantinya, lanjut Sunaryanta, penguatan tersebut akan didukung dengan pengembangan seni budaya serta pembangunan kawasan yang terintegrasi. Program strategis lain yang disampaikan adalah upaya meningkatkan sumber daya manusia serta memanfaatkan sumber daya alam yang lebih optimal.

"Semuanya prioritas, baik sektor pertanian, peternakan investasi, dan pariwisata. Nanti akan dilihat kita akan dahulukan yang mana," ucap Sunaryanta.

Lihat juga Video: Momen Gubernur Sulsel Lantik 11 Kepala Daerah

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)