Ada Makam Kuno Sendirian di KRB Gunung Merapi, Siapa Dikubur di Situ?

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 10:52 WIB
Makam Ki Hajar Merta Hyang Gatra di lereng Gunung Merapi
Makam kuno sendirian di lereng Merapi. (Foto: Achmad Syauqi detikcom)

Saat erupsi Gunung Merapi tahun 2010, ujar Marno, makam itu selamat dari terjangan awan panas. Awan panas hanya sampai di hutan Pinus seberang jalan dari makam.

"Banyak pohon Pinus di hutan perbatasan dusun hangus tapi awan panas tidak sampai di makam dan dusun. Padahal hutan Pinus hanya di seberang makam," pungkas Marno.

Purwanto, warga sekitar mengaku tidak tahu siapa yang dimakamkan di kuburan itu. Sejak kecil dirinya hanya tahu ada makam tunggal itu.

"Setahu saya ya makam itu cuma tunggal, itu uniknya. Siapa dan bagaimana yang dikubur di situ saya tidak tahu ceritanya," kata Purwanto kepada detikcom di desanya.

Sementara Kades Sidorejo, Gotot Winarso mengatakan legenda yang ada sejak dulu, makam itu dikenal sebagai makam Mlayapati atau makam Ki Ajar Merta Hyang Gatra. Prajurit yang melarikan diri.

"Jadi Ki Hajar ini dulu prajurit yang melarikan diri sampai ke Dusun Kembangan. Mendirikan padepokan di puncak Gunung Merapi," ungkap Gotot kepada detikcom.

Menurut Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten Yuli Budi Susilowati menurut catatan Dinas makam itu sudah masuk data tahun 2012. Makam itu dikenal sebagai makam Mlayapati.

"Itu makam Kiai Mlayapati dan terdata tahun 2012. Cuma sejarah makam itu tidak ada sejarah yang jelas, yang ada hanya legenda-legenda warga," jelas Yuli kepada detikcom.

Makam itu, ungkap Yuli, memang jadi ikon budaya warga sekitar. Kegiatan budaya semacam Sadranan kirab hasil bumi di sekitar makam.

"Even ya even Sadranan masyarakat sekitar. Kalau even besar belum ada dan itu data sementara yang kami dapatkan sejak tahun 2012," terang Yuli.

Halaman

(mbr/mbr)