Jenazah Pimpinan MTA Ahmad Sukina Akan Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 08:15 WIB
Pemakaman Ust Sukina dengan Prokes
(Foto: Dok MTA)
Solo - Jenazah Pimpinan Pusat Majelis Tafsir Al Qur'an (MTA) Ahmad Sukina akan dimakamkan siang ini. Pelayat diminta tidak menimbulkan kerumunan dan diimbau mendoakan dari rumah.

Dalam rilis resmi MTA, jenazah Sukina akan dimakamkan di Pemakaman Muslim Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar. Pemakaman dilakukan Rabu (25/2/2021) pukul 12.00 WIB.

Pemakaman nantinya akan tetap menggunakan protokol kesehatan agar tidak terjadi penularan COVID-19. Sebelum dimakamkan, jenazah disalatkan di lokasi pemakaman.

"Kami imbau agar tidak ada kerumunan. Karena kesehatan masyarakat ini penting, jangan sampai terjadi penularan COVID-19," kata putra Ahmad Sukina, Muhammad Fathin Habibibullah, saat dihubungi detikcom, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, jenazah akan disemayamkan di kantor pusat MTA, Jalan Ronggowarsito, Solo. Kamudian siang harinya diberangkatkan menuju pemakaman.

"Nanti dari rumah sakit disemayamkan sebentar di kantor pusat MTA, kemudian menuju pemakaman," katanya.

Pimpinan MTA Solo, Ahmad SukinaPimpinan MTA, Ahmad Sukina (Foto: Dok MTA)

Diberitakan sebelumnya, Ahmad Sukina meninggal dunia di RSUD dr Moewardi (RSDM) Solo sekitar pukul 03.36 WIB. Habibibullah mengatakan ayahnya dirawat sejak Rabu (24/2/2021) siang.

"Kemarin tiba-tiba tidak sadarkan diri. Menurut tim dokter RSDM ada gejala stoke. Tapi selama ini belum pernah ada gejala, beliau tampak sehat-sehat saja," katanya.

Bahkan, kata Habib, Ahmad Sukina masih sempat bercengkrama dengan keluarga pada Rabu pagi. Beberapa hari sebelumnya, Ahmad Sukina juga sempat mengisi pengajian secara daring.

"Senin itu masih ngisi pengajian online. Rabu pagi itu masih bercengkrama, masih beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

Lihat juga video 'Bulantrisna Djelantik Maestro Tari Legong Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]



(bai/mbr)