Dari Pacitan, Jokowi Ziarah ke Makam Orang Tua Bareng Gibran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 17:28 WIB
Presiden Jokowi saat berziarah ke makam orang tuanya di Mundu, Karanganyar, Minggu (14/2/2021)
Masyarakat antusias menyambut Presiden Jokowi yang berziarah ke makam orang tuanya di Mundu, Karanganyar, Minggu (14/2/2021) Foto: dok. Istimewa
Solo - Usai meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampir ke kampung halamannya. Jokowi berziarah ke makam orang tuanya di Pemakaman Mundu, Desa Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar.

Dikutip dari keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (14/2), Presiden Jokowi pagi tadi berangkat dari Jakarta menuju Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan helikopter Super Puma TNI AU menuju lokasi peresmian Bendungan Tukul di Pacitan. Selesai meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jokowi lalu melanjutkan perjalanan ke Solo.

Jokowi menggunakan mobil sedan hitam bernomor polisi B 1197 RFS tiba di pemakaman pukul 15.05 WIB. Dia berziarah hanya bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi hanya sekitar 15 menit melakukan ziarah di makam orang tuanya. Keluar dari kompleks makam, Jokowi sempat membuka jendela kaca mobil untuk menyapa masyarakat.

Juru kunci makam orang tua Jokowi, Sidik Suramto, mengatakan Jokowi dan Gibran Rakabuming datang dengan mobil yang berbeda. Namun mereka pulang dalam satu mobil.

"Tadi hanya sama Mas Gibran, berdua saja. Cuma 15 menit tadi. Berangkat mobilnya sendiri-sendiri, pulang bareng," kata Sidik usai Jokowi berziarah, Minggu (14/2/2021).

Dia mengaku mengetahui rencana berziarah sejak Rabu (10/2) lalu. Kemudian petugas dari TNI mendatangi lokasi untuk bersih-bersih.

"Persiapannya ya bersih-bersih, lalu menyiapkan bunga, sama memperbaiki lampu-lampu," kata dia.

Presiden Jokowi saat berziarah ke makam orang tuanya di Mundu, Karanganyar, Minggu (14/2/2021)Presiden Jokowi saat berziarah ke makam orang tuanya di Mundu, Karanganyar, Minggu (14/2/2021). Usai nyekar orang tuanya, Jokowi sempat melambaikan tangan ke masyarakat dan membagikan sembako. Foto: dok. Istimewa

Usai berziarah, petugas membagikan sembako di Jalan Solo-Purwodadi. Warga pun antusias menyambut presiden meskipun hujan.

Saksikan juga 'Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan':

[Gambas:Video 20detik]



(bai/ams)