Libur Imlek, Pengendara Dites Antigen di Perbatasan Jateng-DIY

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 21:11 WIB
Petugas melakukan tes antigen kepada pengendara di perbatasan Jateng-DIY di Prambanan, Klaten, Kamis (11/2/2021).
Petugas melakukan tes antigen kepada pengendara di perbatasan Jateng-DIY di Prambanan, Klaten, Kamis (11/2/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Tim gabungan menggelar pemeriksaan di perbatasan Jateng-DIY, Prambanan, Klaten. Pemeriksaan jelang libur Imlek ini dilakukan dengan rapid tes antigen secara acak kepada pengendara.

"Kami dari Polres Klaten bersama TNI, Dishub berserta tenaga kesehatan melakukan swab antigen secara random kepada para wisatawan yang akan memasuki wilayah Klaten. Karena terhitung mulai Kamis sampai Minggu ini adanya long weekend terkait Tahun Baru Imlek," kata Kasat Lantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman di sela pemeriksaan di perbatasan Jateng-DIY, tepatnya di depan Taman Wisata Candi Prambanan, Kamis (11/2/2021).

Menurut Bobby, kegiatan pemeriksaan akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut sampai dengan Minggu (14/2). Kegiatan pemeriksaan digelar dalam rangka mencegah lonjakan kasus COVID-19 selama libur panjang Tahun Baru Imlek 2021.

"Ini untuk mencegah agar jangan terjadi lonjakan kasus COVID. Teknis yang dilaksanakan adalah dengan penyekatan secara selektif prioritas para pengendara atau wisatawan dari luar kota yang akan memasuki wilayah Klaten," jelas Bobby.

Petugas melakukan tes antigen kepada pengendara di perbatasan Jateng-DIY di Prambanan, Klaten, Kamis (11/2/2021).Petugas melakukan tes antigen kepada pengendara di perbatasan Jateng-DIY di Prambanan, Klaten, Kamis (11/2/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Para pengendara di perbatasan, sambung Bobby, kemudian akan dites antigen. Bagi para wisatawan yang dinyatakan negatif dalam tes antigen diperbolehkan memasuki wilayah Klaten.

"Yang non reaktif (negatif) boleh masuk. Sedangkan bagi yang reaktif (positif) akan diminta putar balik dan diarahkan pemeriksaan lebih lanjut di RS Bhayangkara DIY," papar Bobby.

Bobby menambahkan pada hari pertama pelaksanaan pemeriksaan selektif petugas gabungan melakukan tes antigen terhadap 52 warga luar kota Klaten. Hasilnya semua non reaktif.

"Tahap pertama hari ini ada 52 orang dan non reaktif. Selain melaksanakan swab antigen, para petugas gabungan melakukan pembagian masker kepada para pengemudi yang akan memasuki wilayah Klaten," imbuhnya.

(rih/mbr)