Jalanan dan Kota Lama Semarang Terendam Banjir

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 12:27 WIB
Banjir di Kota Lama Semarang, Sabtu (6/2/2021).
Banjir di Kota Lama Semarang, Sabtu (6/2/2021). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang mengakibatkan banjir di banyak titik hari ini. Banjir juga merendam kawasan wisata Kota Lama dan termasuk akses menuju ke sana.

Pantauan detikcom, Sabtu (6/2/2021) siang ini, saat menuju Kota Lama Semarang dari kawasan Pedurungan melewati Jalan Soekarno-Hatta, genangan sudah mulai makin dalam di dekat traffic light Tlogosari. Selanjutnya kondisi yang sama terjadi di depan Universitas Semarang. Banjir di lokasi tersebut cukup dalam dan di bawah jembatan tol air setinggi perut orang dewasa.

Kendaraan kecil tidak bisa melintas sehingga memutar ke jalur utama di Jalan Majapahit kemudian berbelok ke MT Haryono. Jalur tersebut ditutup di perempatan Ligu oleh polisi karena banjir di kawasan Bubakan Kota Lama cukup dalam.

"Ditutup sementara, Bubakan (banjirnya) dalam, dialihkan," ujar seorang polisi di Jalan MT Haryono, Semarang, Sabtu (6/2/2021).

Kendaraan kecil juga tidak bisa lewat di Bubakan. Tampak ada banyak kendaraan yang nekat dan akhirnya mogok.

Genangan kembali terlihat dalam mulai perempatan Hotel Metro dan sekitarnya termasuk di depan Kantor Pos Besar dan sebagian Jalan Imam Bonjol.

Kemudian di area Kota Lama sendiri ketinggian air bervariasi dan paling dalam ternyata ada di depan Mapolsek Semarang Utara.

"Ketinggian bervariasi. Akses ke sini juga terendam air. Genangan terjadi di beberapa titik di Kota Semarang," kata Wakasat Sabhara, Kompol Yustinus, kepada wartawan di kawasan Kota Lama Semarang.

Sementara itu dari informasi yang diperoleh detikcom, banjir juga terjadi di Pantura Mangkang dan Terboyo sehingga lalulintas terganggu. Sejumlah permukiman di beberapa titik juga terendam antara lain di Mangkang, Ngaliyan, dan lainnya dengan ketinggian bervariasi. Meski demikian belum ada data resmi dari pihak terkait soal dampak banjir kali ini.

Simak Video: Semarang Banjir, Jalan-jalan Tergenang dan Bandara Sempat Ditutup

[Gambas:Video 20detik]



(alg/sip)