Round-Up

Ambles dan Putusnya Jembatan di Pantura Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 10:08 WIB
Kondisi Jembatan Rembun A, di jalur Pantura Kabupaten Pekalongan yang ambles dan putus kemarin, Jumat (5/2/2021).
Kondisi Jembatan Rembun A, di jalur Pantura Kabupaten Pekalongan yang ambles dan putus kemarin, Jumat (5/2/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Jembatan Rembun A di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah ambles pada Kamis (4/2) malam. Jembatan tersebut ambles saat hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

Jembatan yang ambruk ini merupakan Jembatan Rembun A yang berada di Desa Rembun, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Jembatan ini menjadi akses satu arah dari Pekalongan menuju ke Pemalang.

Sempat terjadi penumpukan arus lalu lintas usai kejadian. Polisi lalu mengalihkan kendaraan ke Jembatan Rembun B yang berada persis di sebelah utara Jembatan Rembun A yang ambles dengan sistem contra flow. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istitimwa Yogyakarta (DIY) beserta Kepala Satker PJN Wilayah I Provinsi Jawa Tengah dan PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah melakukan koordinasi penanganan di lokasi Jembatan Rembun II A yang mengalami kerusakan pada rangka jembatan.

Kepala BBPJN Jateng-DIY, Satrio Sugeng Prayitno, menyampaikan jembatan itu akan dibongkar dan dibangun kembali. Proses pembangunan ini ditargetkan rampung pada Maret 2021.

"Di lapangan masih berlangsung pembongkaran lantai jembatan. Rangka baja jembatan lama akan ditarik ke sisi barat, sedangkan jembatan rangka baja yang baru akan dirakit dari sisi timur," katanya kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (4/2).

Satker Pelaksana Binamarga Jateng I Nyoman Diasmara menjelaskan jembatan putus akibat faktor umur. Jembatan sepanjang 50,5 meter dengan lebar sekitar 6 meter tersebut dibangun pada tahun 1977.

Selain faktor umur, kondisi arus lalulintas yang padat juga membuat beban tinggi Jembatan Rembun ini.

"Hari ini kita mendatangkan jembatan rangka baja dari Citerep, Cibinong, Jabar. Rencana langsung kami action, pembongkaran plat baja yang lama," jelas I Nyoman kepada detikcom di lokasi kejadian kemarin.

(sip/sip)