Ditjen Pendidikan Vokasi Geber Program D4 dan SMK-D2 Fast Track

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 20:13 WIB
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, Kamis (4/2/2021).
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, Kamis (4/2/2021). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Yogyakarta -

Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) fokus pada penguatan program SMK-D2 Fast Track atau SMK-D2 Jalur Cepat dan peningkatan program D3 menjadi D4. Nantinya, pengembangan diserahkan sesuai kemampuan instansi pendidikan.

"Kita tahun ini fokus pada penguatan program D4 dan SMK-D2 Fast Track. Namun pengembangan itu sifatnya tidak wajib, atau diserahkan sesuai kemampuan SMK atau perguruan tinggi vokasi masing-masing," kata Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, saat Rapat Koordinasi dan Kick Off Program Ditjen Pendidikan Vokasi di Hotel Mariott Yogya, Kamis (4/2/2021).

"Silakan putuskan, tapi kami kebijakannya untuk ke depannya akan fokus pada D4," sambungnya.

Wikan berharap program ini dapat membuat lulusan vokasi memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri. Bahkan, ia juga berharap agar lulusan vokasi mampu menghasilkan produk mandiri dan dipasarkan ke masyarakat.

"Kita buktikan bahwa tidak hanya menciptakan lulusan yang kompeten tapi juga (bisa menghasilkan) produk-produk yang akan menurunkan kadar impor dari produk luar negeri," sebutnya.

Program ini, kata Wikan, diharapkan dapat menyerap lulusan ke dunia usaha dan industri. Oleh karena itu Wikan berencana mengundang 300 perusahaan besar Indonesia untuk melihat program unggulan vokasi dari dekat.

"Bulan depan (Maret) kita akan undang 300 perusahaan besar Indonesia. BUMN, swasta, negeri kita undang mau kita promosikan D2, D4, D2 Fast Track dan SMK," pungkasnya.

(rih/mbr)