Wismoyo Arismunandar Meninggal, Prabowo Kirim Karangan Bunga ke Ndalem Kalitan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 12:13 WIB
Karangan bunga dari Praboro untuk wafatnya Wismoyo di Ndalem Kalitan, Solo
Karangan bunga duka cita atas meninggalnya Wismoyo Arismunandar dari Menhan Prabowo di Ndalem Kalitan, Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Mantan KSAD Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia dan akan dimakamkan di Astana Giribangun, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sementara di Ndalem Kalitan, Kota Solo, nampak karangan bunga duka cita dari Menhan Prabowo Subianto.

Seperti diketahui, Wismoyo adalah suami dari Siti Hardjanti yang masih merupakan adik kandung dari ibu negara Ibu Tien Soeharto.

Menurut petugas keamanan Ndalem Kalitan, jenazah Wismoyo Arismunandar tidak disemayamkan di Ndalem Kalitan, rumah keluarga Soeharto itu. Jenazah langsung dimakamkan di Astana Giribangun, tempat Soeharto dan Tien dimakamkan.

"Tidak kegiatan sama sekali hari ini. Pemakaman langsung di Astana Giribangun. Peringatan Pak Harto juga tidak pernah diadakan di Solo, hanya sekali dulu," kata petugas keamanan itu, Kamis (28/1/2021).

Meski demikian, tampak sejumlah karangan bunga duka cita meninggalnya Wismoyo Arismunandar berdatangan di Kalitan. Selain karangan bunga dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, terdapat pula karangan bunga Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan, Kartosuro.

Penggalian liang lahad Wismoyo Arismunandar di GiribangunPenggalian liang lahad Wismoyo Arismunandar di Astana Giribangun, Karanganyar, Kamis (28/1/2021). (Foto: Andika Tarmy/detikcom)

"Tadi karangan bunga saya minta dikirim ke Giribangun saja. Tapi katanya dikirim ke dua tempat, sini sama Giribangun," kata dia.

Menurutnya, hanya Titiek Soeharto yang sempat mampir di Ndalem Kalitan. Sejak pagi pun Titiek sudah meninggalkan Ndalem Kalitan.

"Bermalam di sini. Tapi tadi sudah berangkat, kemungkinan langsung ke Giri Bangun," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, liang lahad yang disiapkan untuk jenazah Wismoyo Arismunandar berada pada satu kompleks dengan makam Soeharto. Namun makam keduanya tidak berada di dalam ruang yang sama.

(mbr/sip)